CIMAHI, POSKOTA.CO.ID - Warga Cimahi kini tak perlu repot antre di kantor dinas. Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi resmi meluncurkan layanan publik berbasis WhatsApp bernama WA Mantap, yang siap melayani aduan dan kebutuhan administrasi masyarakat 24 jam non stop.
Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengatakan, aplikasi "WA Mantap" ini disiapkan sebagai jalur komunikasi cepat antara pemerintah dan masyarakat.
"Jadi, kebutuhan seperti pembuatan KTP, KK, hingga dokumen penting lainnya bisa langsung disampaikan lewat WhatsApp," kata Ngatiyana, Kamis 4 September 2025.
Menurutnya, petugas akan berjaga bergantian 1x24 jam penuh. Artinya, kapan pun warga menghubungi, langsung ditanggapi.
Tak hanya itu, layanan ini juga terintegrasi dengan sejumlah instansi, termasuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi.
Baca Juga: Cimahi Sepakat Jaga Kondusivitas, Ulama-Umaro Tolak Anarkisme
Dengan begitu, persoalan masyarakat yang sifatnya ringan bisa diselesaikan cepat lewat program restoratif justice hingga tingkat kelurahan.
"Masalah warga bisa langsung konsultasi ke kejaksaan tanpa harus menunggu lama," kata Ngatiyana.
Pemkot Cimahi juga menyiapkan ruang khusus di Command Center untuk mengoperasikan layanan ini. Mekanismenya, laporan warga masuk ke Diskominfo, lalu diteruskan ke dinas terkait.
"Jadi satu pintu. Masuk ke Diskominfo, langsung disampaikan ke dinas. Lebih cepat, tepat, dan akurat," jelasnya.
Dengan WA Mantap, lanjut dia, warga Cimahi tidak perlu lagi datang ke kantor dinas. Cukup lewat ponsel, urusan bisa beres.