Kunci Jawaban Latihan Pemahaman: Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi PPG 2025 Tahap 2

Kamis 07 Agu 2025, 17:00 WIB
Kunci jawaban latihan pemahaman (Sumber: Pinterest)

Kunci jawaban latihan pemahaman (Sumber: Pinterest)

POSKOTA.CO.ID - Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pengajaran yang menyesuaikan metode, materi, dan penilaian dengan kebutuhan beragam peserta didik, mencakup gaya belajar, minat, dan tingkat kesiapan.

Tujuannya adalah memastikan semua siswa dapat belajar secara efektif dan mencapai potensi maksimal.

Topik ini dipelajari dalam modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum) pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 Tahap 2.

Berikut latihan pemahaman beserta kunci jawabannya:

Baca Juga: Contoh Soal Post Test PPA Umum 1 Lengkap dengan Kunci Jawaban dari Modul Asesmen PPG 2025

Soal 1

Prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka salah satunya adalah membangun karakter peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat. Dari pernyataan berikut, kegiatan yang tidak sesuai prinsip tersebut adalah:

A. Guru mendorong refleksi diri siswa tentang kekuatan dan potensi yang perlu dikembangkan.

B. Guru memberikan umpan balik langsung untuk mendorong eksplorasi ilmu pengetahuan.

C. Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi pemberian tugas untuk mengukur pemahaman. (Kunci Jawaban)

D. Guru memberikan proyek mandiri untuk mengeksplorasi ilmu.

E. Guru memvariasikan tingkat kesulitan tugas sesuai kesiapan belajar siswa.

Soal 2

Pak Hafiz melakukan asesmen awal dan menemukan profil belajar siswa: 45% visual, 15% kinestetik, 40% auditori. Rencana pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses yang tidak tepat adalah:

A. Peserta didik diberi kebebasan membuat laporan observasi dalam berbagai bentuk (laporan, PPT, video, poster). (Kunci Jawaban)

B. Guru menyediakan modul digital interaktif.

C. Siswa mengamati dan mendiskusikan video.

D. Guru mengajak praktik bermain peran.

E. Guru membuat sudut belajar dengan display informasi di berbagai tempat.

Soal 3

Implementasi paradigma baru Kurikulum Merdeka tidak tercermin dalam kegiatan:

A. Guru mengevaluasi kesiapan belajar siswa di awal tahun ajaran.

B. Guru memberikan umpan balik untuk mendorong eksplorasi ilmu.

C. Guru menggunakan metode pembelajaran bervariasi.

D. Guru mengevaluasi hasil asesmen formatif dan kebutuhan belajar siswa.

E. Guru menggunakan otoritas penuh tanpa melibatkan orang tua/guru lain. (Kunci Jawaban)

Soal 4

Peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi yang paling relevan adalah:

A. Guru sebagai sumber belajar utama.

B. Guru bukan sumber belajar utama; siswa belajar dari berbagai sumber. (Kunci Jawaban)

C. Guru sebagai mediator transfer pengetahuan antarsiswa.

D. Guru sebagai motivator yang hanya mengamati dari jauh.

E. Guru sebagai penggerak utama proses pembelajaran.

Soal 5

Bu Farida membagi siswa dalam kelompok berdiferensiasi, tetapi proses masih berpusat padanya. Solusi terbaik adalah:

A. Pelepasan tanggung jawab bertahap: siswa berkolaborasi membuat karya dengan porsi tanggung jawab lebih besar daripada guru. (Kunci Jawaban)

B. Siswa bekerja mandiri tanpa pengawasan guru.

C. Siswa membuat karya dengan format tetap tanpa kolaborasi.

D. Guru tetap memegang tanggung jawab utama.

Soal 6

Guru sudah menggunakan bahan bacaan berbeda sesuai kemampuan siswa, tetapi beberapa masih kesulitan. Tindakan terbaik adalah:

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Reflektif PPG 2025: Bagaimana Cara Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Sejahtera?

A. Meminta siswa belajar lebih keras.

B. Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran. (Kunci Jawaban)

C. Mengurangi kompleksitas tugas.

D. Memaksa siswa bekerja mandiri.

E. Melanjutkan kurikulum tanpa perubahan.

Soal 7

Urutan langkah merumuskan tujuan belajar yang benar adalah:

1. Guru menginformasikan tujuan belajar.

2. Guru memberikan gambaran rubrik capaian kompetensi.

3. Siswa melakukan refleksi kemampuan.

4. Siswa menetapkan tujuan dan hal yang ingin diketahui.

Kunci Jawaban: 4-3-2-1

Soal 8

Guru mengajarkan topik baru yang belum pernah dipelajari siswa. Langkah awal terbaik adalah:

A. Menyampaikan bahwa materi ini sulit.

B. Mengharuskan siswa menguasai peralatan laboratorium sebelum kelas.

C. Langsung menjelaskan materi.

D. Menguraikan materi secara umum, memantik pengetahuan awal, dan mengaitkan dengan pengalaman sehari-hari. (Kunci Jawaban)

E. Memberikan soal pretest.

Soal 9

Beberapa siswa belum mencapai tujuan pembelajaran dan perlu remedial. Langkah terbaik adalah:

A. Memberikan banyak PR.

B. Melaporkan ke orang tua bahwa anak tidak belajar dengan baik.

C. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi (proses dan konten). (Kunci Jawaban)

D. Meminta tugas setiap akhir pembelajaran.

E. Meminta review materi.

Soal 10

Elemen yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah:

1. Kebutuhan siswa yang beragam

2. Kondisi kelas

3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah

4. Lingkungan sekolah

Kunci Jawaban: 1 dan 2

Disclaimer: Kunci jawaban ini bersifat referensial bagi peserta PPG 2025 Tahap 2. Urutan soal mungkin berbeda dengan yang diterima.

Catatan Tambahan:

  • Pembelajaran berdiferensiasi menekankan fleksibilitas dalam proses, konten, dan produk belajar.
  • Guru perlu terus mengevaluasi strategi berdasarkan respons siswa.
  • Kolaborasi dengan orang tua dan guru lain dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Berita Terkait


News Update