POSKOTA.CO.ID – Pemerintah kembali menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2025 untuk siswa jenjang SD-SMA/K.
Diketahui saat ini penyaluran PIP sudah memasuki termin 2 mencakup siswa yang sudah menyelesaikan aktivasi rekening.
Untuk mempermudah akses informasi, pemerintah telah menyiapkan situs resmi untuk pengecekan PIP 2025.
Salah satu hal terpenting untuk pengecekan PIP adalah NISN. Nah, berikut adalah informasi mengenai NISN dan cara ceknya untuk cek PIP 2025:
Baca Juga: Aktivasi Rekening PIP Wajib! Jadwal Pencairan Termin 2, Syarat, dan Cara Cek Penerima
Apa itu NISN?
Dilansir dari situs resmi Kemdikbud, Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.
Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.
Cara cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara online
Adapun cara cek NISN bisa dilakukan melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).