Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 PPABK 3 PPG 2025 Lengkap untuk Guru dan Tenaga Kependidikan

Rabu 02 Jul 2025, 09:16 WIB
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 PPABK 3 PPG 2025 yang Banyak Dicari Peserta Pendidikan Profesi Guru (Sumber: Pinterest)

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 PPABK 3 PPG 2025 yang Banyak Dicari Peserta Pendidikan Profesi Guru (Sumber: Pinterest)

POSKOTA.CO.ID - Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mempersiapkan guru-guru Indonesia yang profesional, berintegritas, dan berkompetensi tinggi.

Tahun 2025 menandai percepatan program ini dengan penyempurnaan modul-modul yang relevan dengan kebutuhan zaman, termasuk Modul 3 PPABK 3 yang berfokus pada pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Seiring meningkatnya jumlah siswa ABK yang bersekolah di sekolah umum, pemahaman terhadap pendekatan inklusif menjadi semakin penting.

Guru tidak hanya dituntut untuk memahami materi, tetapi juga untuk mampu menyusun strategi pembelajaran yang adil dan adaptif terhadap kebutuhan semua siswa.

Baca Juga: Netty Ratna Wulan Diduga Ibu Kandung dr Reza Gladys? Ini Fakta di Balik Viral Akun Facebook dan Instagram

Mengapa Modul 3 PPABK 3 Penting?

Modul ini bukan sekadar formalitas, tetapi berperan sebagai instrumen pengukur kesiapan guru dalam menghadapi kenyataan kelas yang semakin beragam. Kompetensi dalam Modul PPABK 3 mencakup:

  • Pengenalan jenis-jenis kebutuhan khusus;
  • Strategi pembelajaran individual;
  • Adaptasi kurikulum dan media ajar;
  • Pengelolaan kelas inklusif;
  • Evaluasi hasil belajar berbasis karakteristik siswa.

Post test dari modul ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh setiap peserta PPG, khususnya mereka yang mengikuti pelatihan melalui platform digital GTK atau Ruang Guru.

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 PPABK 3

Berikut adalah contoh soal dan jawaban yang dapat dijadikan referensi untuk belajar:

Soal 1

Kasus: Anda mengajar di kelas yang memiliki peserta didik low vision. Tayangan visual yang Anda siapkan ternyata menyulitkan siswa tersebut.
Apa tindakan Anda?
Pilihan Jawaban:
A. Mencari informasi lebih lanjut tentang pembuatan tayangan
B. Menggunakan tayangan yang ada
C. Bertanya pada guru lain
D. Menyesuaikan pengaturan visual tayangan agar lebih efektif
E. Menyesuaikan tayangan yang sudah ada
Kunci Jawaban: D

Penyesuaian visual adalah langkah awal yang konkret untuk membantu peserta didik dengan keterbatasan penglihatan.

Soal 2

Kasus: Anda terbiasa memberikan evaluasi tertulis. Namun, kini menghadapi peserta didik aktif secara fisik yang kesulitan dengan metode evaluasi konvensional.
Apa sikap Anda?
Pilihan Jawaban:
A. Tetap menggunakan metode sama
B. Konsultasi dengan guru senior
C. Mengubah instrumen sesuai karakteristik siswa
D. Membuat soal singkat
E. Menyusun metode evaluasi sambil aktivitas fisik
Kunci Jawaban: E


Berita Terkait


News Update