Bocoran Kunci Jawaban PPG 2025 Modul 1 Topik 3, Wajib Dibaca Guru Peserta Seleksi (Sumber: Poskota/Yusuf Sidiq)

Nasional

Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 Resmi Dirilis, Simak Panduan Lengkapnya di Sini

Kamis 12 Jun 2025, 10:41 WIB

POSKOTA.CO.ID - Dalam konteks pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2025, pemahaman terhadap pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) menjadi sangat krusial.

Salah satu materi penting yang diuji dalam program ini terdapat dalam Modul 1 Topik 3, yang menekankan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, bukan hanya berdasarkan kelas atau usia. Artikel ini menyajikan kunci jawaban lengkap dari soal-soal pada modul tersebut, sekaligus memberikan pemahaman konseptual terhadap pendekatan TaRL.

Konten ini bukan hanya sebagai alat bantu belajar, melainkan juga referensi pedagogis yang dapat memperkuat kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi.

Baca Juga: Sosok Guru Demak yang Viral Usai Tendang Siswa Siapa? Identitas dan Motifnya Terkuak

Pemahaman TaRL dalam Pendidikan Profesi Guru 2025

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah bagian penting dari upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik di Indonesia. Dalam penyelenggaraan PPG Tahun 2025, peserta diwajibkan untuk mengikuti berbagai modul pembelajaran melalui platform resmi Direktorat Jenderal GTK. Salah satu yang paling menonjol adalah Modul 1 Topik 3, yang membahas pendekatan Teaching at The Right Level atau TaRL.

TaRL merupakan metode yang berfokus pada kemampuan aktual peserta didik, bukan pada usia atau tingkat kelas. Tujuannya adalah agar proses belajar lebih efektif, dengan menyesuaikan materi dan pendekatan berdasarkan hasil asesmen awal yang dilakukan guru.

Mengapa Modul 1 Topik 3 Menjadi Fokus?

Modul ini dirancang untuk menguji dan memperkuat kemampuan guru dalam:

Modul ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda, yang meskipun terlihat sederhana, sering kali membingungkan peserta karena membutuhkan pemahaman teoritis dan praktis yang matang terhadap pendekatan TaRL.

Kunci Jawaban Lengkap Modul 1 Topik 3 PPG 2025

Berikut adalah daftar pertanyaan dan kunci jawaban dari Modul 1 Topik 3 yang telah disesuaikan dengan prinsip pembelajaran profesional:

  1. Makna yang menggambarkan pendekatan TaRL:
    Jawaban: C – Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam.
  2. Tujuan asesmen awal dalam TaRL:
    Jawaban: B – Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik.
  3. Pertimbangan dalam merancang aktivitas pembelajaran TaRL:
    Jawaban: D – Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang beragam.
  4. Hal yang tidak perlu dilakukan pada rencana asesmen awal:
    Jawaban: B – Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik.
  5. Jenis diferensiasi yang digunakan dalam TaRL:
    Jawaban: E – Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Hasil asesmen kognitif awal digunakan untuk semua hal berikut, kecuali:
    Jawaban: A – Menentukan tujuan pembelajaran.
  7. Langkah awal sebelum mengajar topik baru tanpa data kemampuan awal:
    Jawaban: B – Merencanakan pelaksanaan asesmen awal.
  8. Mengatasi kesulitan dalam kelompok belajar yang beragam:
    Jawaban: B – Memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar peserta didik.
  9. Tahapan dalam perencanaan pembelajaran berbasis TaRL:
    Jawaban: A – 1) Menentukan tujuan pembelajaran → 2) Melakukan asesmen awal → 4) Merancang kegiatan pembelajaran.
  10. Langkah yang tidak dilakukan Ibu Diaz untuk mengatasi kesenjangan kemampuan siswa:
    Jawaban: C – Menerapkan asesmen awal kognitif (karena telah dilakukan sebelumnya).

Analisis Konseptual: Membangun Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

1. Peran Asesmen Awal

Guru perlu mengawali proses pembelajaran dengan asesmen kognitif untuk mengetahui kemampuan dasar peserta didik. Hal ini tidak hanya untuk klasifikasi akademik, tetapi juga sebagai fondasi menyusun strategi pembelajaran yang adil dan tepat guna.

2. Diferensiasi dalam Praktik

Tiga bentuk diferensiasi konten, proses, dan produk bisa digunakan bersama-sama dalam pendekatan TaRL. Penggunaan secara simultan memungkinkan peserta didik yang memiliki kebutuhan berbeda tetap merasa tertantang dan tidak tertinggal.

3. Pengelompokan Dinamis

Pengelompokan peserta didik sebaiknya bersifat fleksibel, dan didasarkan pada hasil asesmen awal. Guru bisa merancang sesi pembelajaran dalam bentuk kelompok kecil, diskusi kelompok, hingga tutor sebaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

4. Kolaborasi sebagai Solusi

Kasus seperti yang dialami oleh Ibu Dewi dalam soal nomor 8 menunjukkan pentingnya mendorong peserta didik untuk saling membantu. Pembelajaran kolaboratif memungkinkan transfer pemahaman antar siswa dan mengurangi ketergantungan total pada guru.

Relevansi TaRL dengan Tantangan Pendidikan Saat Ini

Implementasi pendekatan TaRL tidak hanya relevan untuk pelaksanaan PPG, melainkan juga sebagai solusi nyata terhadap tantangan pendidikan dasar di Indonesia. Ketimpangan kompetensi siswa yang sering diabaikan dalam sistem klasikal dapat ditanggulangi dengan strategi TaRL.

Data dari berbagai studi pendidikan menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran lebih bergantung pada pemahaman awal siswa daripada usia atau kelas mereka.

Oleh sebab itu, penguasaan guru terhadap prinsip TaRL sangat diperlukan untuk menciptakan pendidikan yang inklusif dan bermakna.

Baca Juga: Heboh Kader PSI Sebut Jokowi Sudah Penuhi Syarat Jadi Seorang Nabi, Langsung Tuai Beragam Kritik

Tips Menguasai Modul PPG:

  1. Pelajari konsep secara mendalam, bukan hafalan.
    Pemahaman pada filosofi TaRL akan membantu peserta menjawab soal secara logis.
  2. Latih soal dengan pendekatan reflektif.
    Evaluasi setiap jawaban dengan mengaitkannya pada praktik di kelas.
  3. Diskusikan materi dengan rekan sesama peserta.
    Kolaborasi antar guru calon profesional memperkaya perspektif pembelajaran.

Modul 1 Topik 3 dalam PPG 2025 merupakan bagian strategis untuk membekali guru dalam menghadapi tantangan heterogenitas peserta didik.

Dengan menguasai pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), guru dapat merancang pembelajaran yang inklusif, efektif, dan adaptif.

Kunci jawaban yang disajikan dalam artikel ini bukan untuk mendorong hafalan, melainkan sebagai panduan pemahaman terhadap substansi materi yang esensial.

Disclaimer: Informasi kunci jawaban ini disusun sebagai bahan belajar dan referensi pedagogis. Setiap peserta diharapkan tetap memahami isi materi secara utuh dan tidak menggunakan jawaban ini secara mentah tanpa pembelajaran mendalam.

Tags:
Diferensiasi PembelajaranAsesmen Awal PembelajaranPPG 2025Teaching at The Right Level (TaRL)Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025

Yusuf Sidiq Khoiruman

Reporter

Yusuf Sidiq Khoiruman

Editor