“Itu adalah hak kalian, mau merespon atau tidak,” tegasnya.
Namun begitu, Hendra tetap menyarankan agar kita menanggapi sekali atau dua kali sebagai bentuk itikad baik.
“Teman-teman cukup sekali saja merespon. Sekali dua kali itu cukup,” katanya.
Dengan begitu, pihak DC tahu bahwa kita tidak lari atau menghindar, melainkan sedang berusaha mencari solusi.
Baca Juga: Lakukan 4 Hal Ini Kalau NIK KTP Mu Disalahgunakan Pinjol Ilegal, Jangan Dibiarkan!
Kenapa Tidak Dianjurkan Memblokir Kontak DC?
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan debitur adalah memblokir nomor debt collector. Menurut Hendra, tindakan ini justru bisa memperburuk situasi.
“Jangan memblokir, itu penting banget. Karena mereka tetap butuh untuk sedikit mensupply pola pikir kalian agar kalian mau membayar dengan cara apapun,” jelasnya.
Meski terdengar manipulatif, ini menunjukkan bahwa DC akan mencari segala cara untuk tetap bisa menghubungi kita, bahkan bisa membuat kita makin tertekan.
Baca Juga: UMKM Butuh Modal Usaha? Jangan Pinjam Dana di Pinjol, Coba 3 Cara Dapat Pinjaman Ini
Tips Merespons Penagihan dengan Aman
Berikut adalah saran dari Hendra Setyo agar kita tetap aman dalam menghadapi penagihan:
- Respon satu atau dua kali dengan sopan: Sampaikan bahwa Anda sedang berusaha menyelesaikan kewajiban. Jangan berdebat atau terpancing emosi.
- Rekam atau dokumentasikan percakapan: Baik dalam bentuk suara maupun tangkapan layar (screenshot).
- Simpan bukti komunikasi: Ini penting jika nantinya Anda mengalami penagihan yang melanggar hukum.
- Tetap tenang dan jangan panik.
“Teman-teman hanya butuh waktu untuk bisa menyelesaikan utangnya. Itu sudah cukup,” ujar Hendra.