POSKOTA.CO.ID - Tidak sedikit nasabah pinjaman online (pinjol) akhirnya terjebak dalam pusaran utang dan mengalami gagal bayar (galbay).
Di saat inilah ancaman dari debt collector (DC) pinjol mulai terasa nyata, bukan hanya kepada si peminjam, tapi juga kepada orang-orang terdekat yang tercantum sebagai kontak darurat.
Satu hal yang perlu dipahami adalah kontak darurat bukanlah penjamin utang, dan secara hukum mereka tidak memiliki kewajiban untuk membayar pinjol.
Namun dalam praktiknya, banyak oknum DC pinjol yang justru menyasar kontak darurat dengan berbagai cara, mulai dari telepon berulang kali hingga intimidasi verbal.
Fenomena ini tidak hanya menyalahi etika, tetapi juga menyalahi aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Berdasarkan Surat Edaran OJK No. 19/SEOJK.06/2023, perusahaan pinjaman online hanya boleh menghubungi peminjam secara langsung dan tidak diperkenankan melakukan penagihan kepada pihak ketiga.
Lantas, apa yang harus Anda lakukan jika sudah terlanjur mencantumkan kontak darurat dan mengalami galbay pinjol?
Baca Juga: Tanpa Disadari, DC Pinjol Bisa Lacak Lokasimu dengan Cara Ini!
Cara Melindungi Konta Darurat dari DC Pinjol
Dikutip dari kanal YouTube Fintech ID, Jumat, 23 Mei 2025, berikut adalah langkah-langkah penting yang harus dilakukan saat kontak darurat mulai dihubungi oleh DC pinjol.
1. Segera Hubungi Kontak Darurat Secara Pribadi
Langkah pertama yang sangat penting adalah menghubungi kontak darurat secara langsung, baik itu orang tua, saudara, sahabat, atau rekan kerja yang nomornya Anda daftarkan.
Minta maaf secara baik-baik atas ketidaknyamanan yang mungkin akan mereka alami akibat ulah DC pinjol yang menghubungi mereka tanpa izin.