POSKOTA.CO.ID – Banyak orang merasa panik dan takut saat mengalami keterlambatan atau gagal bayar pinjaman online.
Padahal, memahami proses penagihan bisa membantu kita tetap tenang dan tidak terbawa suasana.
Dalam artikel ini, kita akan bahas tahapan penagihan yang biasa terjadi di aplikasi pinjaman online, agar kamu bisa lebih siap dan tidak stres menghadapinya.
Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui informasi selengkapnya.
Baca Juga: 5 Aplikasi Pindar Legal yang Aman untuk Galbay dan Anti DC Lapangan, Cek di Sini!
Penagihan Awal: Telepon dan WhatsApp
Saat seseorang telat membayar pinjaman, biasanya langkah pertama yang dilakukan oleh pihak aplikasi pinjol adalah menghubungi lewat telepon. Ini bisa terjadi sehari atau dua hari setelah tanggal jatuh tempo.
“Pertama kali ketika teman-teman telat bayar atau gagal bayar, sudah pasti teman-teman akan mendapatkan telepon,” jelas edukator keuangan terkenal Hendra Setyo dalam kanal YouTube Fintech ID, dikutip oleh Poskota pada Kamis, 8 Mei 2025.
Jika telepon tidak diangkat atau tidak direspons, biasanya penagih akan mulai menghubungi lewat WhatsApp (WA). Isi pesannya biasanya masih bersifat sopan dan formal.
“WA-nya pun juga masih baik-baik, ‘akan kami teruskan ke tim penagihan’,” ungkapnya.
Baca Juga: Ini Pindar Legal Resmi OJK dengan Bunga Rendah!
Meningkatnya Intensitas Penagihan
Semakin lama keterlambatan pembayaran, semakin intens pula proses penagihannya.