Wali Kota Jakbar Tinjau Lokasi Kebakaran di Wijaya Kusuma, Pastikan Bantuan untuk Warga Terdampak

Selasa 23 Des 2025, 18:56 WIB
Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, berbincang dengan warga terdampak kebakaran di Jalan Karya Dalam, RT 013 RW 002, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Selasa, 23 Desember 2025. (Sumber: Dok Pemkot Jakarta Barat)

Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, berbincang dengan warga terdampak kebakaran di Jalan Karya Dalam, RT 013 RW 002, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Selasa, 23 Desember 2025. (Sumber: Dok Pemkot Jakarta Barat)

GROGOL PETAMBURAN, POSKOTA.CO.ID - Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, meninjau lokasi kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Jalan Karya Dalam, RT 013 RW 002, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Selasa, 23 Desember 2025.

Kebakaran tersebut menghanguskan sedikitnya 14 bangunan dan menyebabkan ratusan warga terdampak terpaksa mengungsi.

Dalam kunjungannya, Iin memastikan kondisi di lapangan telah terkendali dan penanganan pascakebakaran berjalan cepat. Ia menyampaikan, bahwa berbagai bantuan telah disalurkan kepada warga yang membutuhkan melalui kolaborasi sejumlah pihak.

“Di lapangan sudah terkendali dan upaya percepatan penanganan sudah dilakukan. Bantuan juga telah hadir dari PMI, Baznas, serta Suku Dinas Sosial dan langsung disalurkan kepada warga terdampak,” ujar Iin di lokasi kejadian, Selasa, 23 Desember 2025.

Iin menegaskan Pemerintah Kota Jakarta Barat berkomitmen memberikan bantuan maksimal untuk memenuhi kebutuhan dasar para penyintas kebakaran. Bantuan yang diberikan meliputi logistik, layanan kesehatan, hingga pendampingan sosial.

Baca Juga: Kebakaran di Grogol Petamburan Hanguskan 8 Rumah, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Selain kebutuhan dasar, Iin juga menaruh perhatian khusus pada pemulihan dokumen kependudukan warga yang hilang akibat kebakaran.

Menurutnya, banyak warga kehilangan dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga, ijazah, dan dokumen administrasi lainnya. Karena itu, pihak bakal membuka layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) langsung di posko pengungsian.

“Layanan administrasi kependudukan menjadi perhatian khusus karena banyak warga kehilangan dokumen penting akibat kebakaran,” terang Iin.

Selain itu, kata Iin, petugas juga akan menerapkan sistem jemput bola bagi warga yang tidak dapat datang ke posko karena kondisi kesehatan atau keterbatasan fisik.

Kemudian pihaknya terus berupaya memastikan penanganan pascakebakaran berjalan optimal serta kebutuhan warga terdampak dapat terpenuhi dengan baik.


Berita Terkait


News Update