BEKASI, POSKOTA.CO.ID - BMW Indonesia bersama BMW Tunas meresmikan BMW MINI Tunas Bekasi sebagai fasilitas terbaru yang mengadopsi konsep Retail.Next. Kehadiran diler yang menggabungkan layanan BMW, BMW M, BMW i, dan MINI dalam satu lokasi.
Retail.Next merupakan pendekatan global BMW yang menekankan pengalaman pelanggan melalui ruang yang lebih hangat, intuitif, dan didukung teknologi digital. Konsep ini juga menggabungkan sentuhan personal untuk memastikan interaksi yang lebih dinamis antara pelanggan dan brand.
Sebagai dealer resmi BMW pertama di Indonesia sejak 1984, BMW Tunas kembali menegaskan komitmennya dalam menyediakan pelayanan yang komprehensif. Peresmian fasilitas baru ini menjadi kelanjutan dari kemitraan jangka panjang dengan BMW Indonesia.
“Peresmian fasilitas BMW MINI Retail.Next terintegrasi pertama di Bekasi ini menandai langkah penting dalam cara kami menghadirkan pengalaman pelanggan,” ujar President Director BMW Group Indonesia Peter 'Sunny' Medalla.
Baca Juga: Changan Siapkan Lumin Empat Pintu, Dimensi Lebih Besar dan Tetap Usung Desain Imut
"Kehadiran showroom ini mencerminkan komitmen BMW dan MINI sebagai pemimpin brand premium di Indonesia, sekaligus memperkuat investasi kami dalam layanan yang semakin personal, modern, dan berpusat pada pelanggan," jelasnya.
Ia mengatakan, bahwa kolaborasi selama lebih dari empat dekade dengan BMW Tunas menjadi fondasi penting berdirinya fasilitas tersebut.
Di kesempatan yang sama, President Director BMW Tunas, Rico Setiawan, menyebut peresmian ini sebagai tonggak baru bagi dealer.
“Hari ini merupakan momen penting bagi BMW Tunas. Peresmian BMW, BMW M, dan MINI Tunas Bekasi menjadi flagship pertama kami di kawasan ini dan mencerminkan investasi strategis untuk memperkuat kehadiran BMW Tunas di Bekasi,” jelasnya.
Ia juga menegaskan, bahwa komitmen pelayanan tetap menjadi prioritas utama, sejalan dengan perkembangan kebutuhan pelanggan.
BMW MINI Tunas Bekasi berdiri di atas lahan 1.643 meter persegi dengan total bangunan 3.955 meter persegi. Diler ini menjadi satu-satunya fasilitas kendaraan premium di Bekasi dan menjadi dealer MINI pertama di kawasan Bekasi serta Jakarta Timur.
Bangunan dirancang dengan mengusung prinsip keberlanjutan melalui pengelolaan limbah bengkel ramah lingkungan. Limbah oli dari aktivitas purnajual diproses menggunakan teknologi filtrasi bioarik berbasis struktur sarang lebah dan bakteri anaerob. Cara kerja ini memungkinkan kandungan residu berbahaya terurai hingga mencapai batas aman di bawah tujuh persen.
Baca Juga: Belkote Kawal Keberhasilan Pebalap Reli Jejelogy di IRRA 2025
Dari sisi layanan, fasilitas ini menawarkan showroom digital, akses ke Emotional Virtual Experience (EVE), area VIP Experience untuk konsultasi, dan layanan serah terima kendaraan yang dapat disesuaikan.
Untuk purnajual, diler menyediakan 15 unit display BMW dan MINI, enam stall bengkel, layanan RATC Inspection, wheel alignment, serta tiga charging station untuk mendukung kendaraan listrik.
Konsep Retail.Next yang diterapkan di BMW MINI Tunas Bekasi mencakup sejumlah pembaruan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan.