Ikuti Tren Dunia, Suzuki Evaluasi Pengembangan Motor 350-500 cc

Selasa 02 Des 2025, 19:27 WIB
Suzuki SV-7GX di ajang EICMA 2025. (Sumber: Dok Suzuki)

Suzuki SV-7GX di ajang EICMA 2025. (Sumber: Dok Suzuki)

Suzuki bukan pemain baru dalam kolaborasi manufaktur. Sejak 2006, pabrikan itu telah memproduksi lebih dari sembilan juta sepeda motor di India untuk pasar lokal maupun ekspor. Pada 20 Mei lalu, Suzuki memulai pembangunan pabrik baru di Kharkhoda, Haryana, dengan kapasitas awal ditargetkan mencapai 750 ribu unit per tahun.

Menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan hadirnya motor gaya retro atau heritage, Kyuji memilih berhati-hati.

Baca Juga: Resmi Rilis! Ini Harga Honda Vario 125 New 2026 Beserta Fitur Unggulan yang Wajib Diketahui

“Kami belum bisa membagikan rencana model masa depan. Namun, permintaan tetaplah permintaan, dan saya pikir tugas kami adalah memenuhi permintaan tersebut,” katanya.

Selain melihat peluang pasar, Suzuki juga mencermati percepatan perkembangan industri sepeda motor China. Presiden Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki, mengakui agresivitas pabrikan China dalam memamerkan model futuristis di EICMA.

“Hari ini, kami pergi menonton pameran dan tentu saja mengunjungi beberapa merek China, dan ya, perkembangan mereka pesat, jadi kami tidak sabar. Kami perlu melangkah maju. Kami pikir ada beberapa fungsi desain yang perlu kami pelajari dari China,” ungkapnya.

Meski telah memiliki mesin parallel-twin 776 cc berkekuatan 82 hp, Suzuki tetap mempertahankan mesin V-twin 645 cc yang telah berumur lebih dari dua dekade. Mesin tersebut kembali digunakan pada SV-7GX yang dijadwalkan meluncur pada 2026.


Berita Terkait


News Update