Akselerasi Bisnis UMKM, Livin’ Merchant Bank Mandiri Menangkan AIBP Enterprise Innovation Awards 2025

Selasa 09 Sep 2025, 13:51 WIB
Layanan digital bagi pelaku UMKM milik bank bersandi saham BMRI Ini dinobatkan sebagai Best Transformation Project for Open Category in Indonesia dalam ajang Enterprise Innovation Awards 2025. (Sumber: Dok. Bank Mandiri)

Layanan digital bagi pelaku UMKM milik bank bersandi saham BMRI Ini dinobatkan sebagai Best Transformation Project for Open Category in Indonesia dalam ajang Enterprise Innovation Awards 2025. (Sumber: Dok. Bank Mandiri)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bank Mandiri terus mempertegas komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan dengan menghadirkan solusi inovatif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Lewat aplikasi Livin’ Merchant, Bank Mandiri tidak hanya memberi akses pembiayaan, tetapi juga membekali pelaku UMKM dengan ekosistem digital yang lengkap untuk memperluas jangkauan usaha dan meningkatkan daya saing.

SVP Digital Retail Banking Bank Mandiri, Yanto Masyap menjelaskan, Livin’ Merchant hadir sebagai layanan transaksi keuangan yang dirancang khusus untuk UMKM dengan berbagai keunggulan. Mulai dari proses onboarding dalam hitungan menit, pencairan cepat, hingga fleksibilitas menerima pembayaran QRIS yang bebas biaya dari rekening bank maupun e-wallet apapun.

Selain itu, Livin’ Merchant juga dilengkapi fitur aplikasi kasir (point of sales), multi-outlet management, laporan rekap penjualan otomatis dan solusi terintegrasi untuk bisnis F&B (QR Meja dan Kiosk) yang semua fiturnya dapat dinikmati tanpa biaya langganan. Melalui digitalisasi UMKM, bank berlogo pita emas ini ingin menghadirkan access to finance yang lebih merata, bahkan hingga ke pelosok negeri.

Baca Juga: Bank Mandiri Perkuat Komitmen ESG lewat Livin’ Planet dan Keberlanjutan Looping For Life

“Harapannya, solusi ini tidak hanya meningkatkan literasi keuangan, tetapi juga memperluas pasar UMKM sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan. Hingga Juni 2025, pengguna Livin’ Merchant di segmen UMKM telah mencapai 2,7 juta merchant, naik 35% year on year,” ujar Yanto dalam keterangan resmi, Selasa, 9 September 2025.

Sementara itu, pengguna Livin’ Merchant paling banyak berasal dari kategori food and beverage, toko kelontong, dan toko aksesoris. Menariknya, 60 persen pengguna berada di luar wilayah urban, membuktikan peran penting Bank Mandiri dalam mempersempit kesenjangan digital di daerah.

Keunggulan Livin’ Merchant juga mendapat pengakuan internasional dari ASEAN Innovation Business Platform (AIBP). Layanan digital bagi pelaku UMKM milik bank bersandi saham BMRI Ini dinobatkan sebagai Best Transformation Project for Open Category in Indonesia dalam ajang Enterprise Innovation Awards 2025.

ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) adalah sebuah inisiatif yang berfokus pada mendorong inovasi dan kemitraan strategis antara organisasi publik dan swasta di Asia Tenggara.

Baca Juga: Bank Mandiri menjadi Regional Bank dengan Peringkat ESG Risk Rating Terbaik di ASEAN dari Lembaga Pemeringkat Sustainalytics

Melalui berbagai kegiatan terkurasi, AIBP mendukung pertumbuhan lembaga pemerintah, perusahaan, dan penyedia solusi di tingkat regional dalam menghadapi tema-tema penting seperti inovasi, transformasi digital, dan keberlanjutan.


Berita Terkait


News Update