Direktur Marketing & Bisnis AdMedika Muhamad Nasrun Ihsan saat menjadi pembicara dalam kegiatan Seminar & Workshop perhimpunan rumah sakit di Hotel kawasan Tebet, Jakarta Selatan, kemarin. (Sumber: Dok. Telkom)

TEKNO

Admedika Hadirkan Solusi Digitalisasi Kesehatan melalui Integrasi SIM Healthical dan AdKes

Rabu 09 Jul 2025, 18:55 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sebagai Third Party Administrator (TPA) digital kesehatan dengan jaringan provider terbesar di Indonesia, serta bagian dari B2B digital health, AdMedika yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), selalu berupaya untuk turut andil dalam mendorong pertumbuhan ekosistem digital kesehatan di Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan inovasi dan solusi kemudahan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara digital.

Melalui berbagai inovasi digital yang dikembangkan, AdMedika turut berkontribusi secara nyata dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat dengan memberikan masyarakat pelayanan yang lebih cepat, akurat, dan terintegrasi.

Upaya lainnya dengan menjalin koneksi dan kolaborasi bersama stakeholders, seperti rumah sakit. Untuk itu, beberapa waktu lalu, Direktur Marketing & Bisnis AdMedika Muhamad Nasrun Ihsan turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Seminar & Workshop perhimpunan rumah sakit, yaitu Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Jakarta dan IRSJAM (Ikatan Rumah Sakit Jakarta Metropolitan) yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta.

Baca Juga: 343 CPNS Kabupaten Bogor Ikuti Pelatihan Dasar, Ini Pesan Bupati Rudy Susmanto

Pada paparannya, Nasrun menyampaikan peran AdMedika sebagai TPA kesehatan dengan solusi yang menjadi penghubung di ekosistem kesehatan. “AdMedika sebagai perusahaan yang tumbuh sejak 2002 memahami kebutuhan baik asuransi dan provider sebagai fasilitas kesehatan.

Ditambah, semakin berkembangnya bisnis kesehatan yang membuat kita terus berusaha menjawab kebutuhan tersebut,” jelasnya.

“Hari ini kita bisa melihat layanan kesehatan yang semula dilakukan secara tradisional, kini menjadi lebih efisien dengan proses yang lebih cepat dengan adanya digitalisasi. Tentu hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap solusi yang efisien, efektif, dan mudah diakses pada bidang usahanya masing-masing,” ujar Nasrun dalam siaran pers Rabu, 9 Juli 2025.

Baca Juga: Wali Kota Tangsel Targetkan Kawasan Pondok Maharta Bebas Banjir pada 2026

“Saat ini kami juga tengah mengembangkan teknologi AI pada SIMRS berupa speech to text, di mana dokter yang sebelumnya harus berkomunikasi dengan pasien input mandiri ke SIMRS, sekarang akan secara otomatis dan ter-record ke SIMRS,” tambah Nasrun.

Pada kesempatan yang sama, AdMedika menghadirkan solusi terintegrasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Healthical dengan AdKes atau alat kesehatan. Kedua solusi ini dihadirkan di booth expo yang memberikan pengalaman untuk dapat dirasakan langsung oleh pengunjung.

Inovasi AdMedika tersebut meliputi, pengembangan fitur, digitalisasi penunjang operasional layanan, dan hadirnya produk baru. Dalam pengembangan fitur, AdMedika menghadirkan fitur MyReservation, discharge button, fast track discharge, e-Reimbursement dalam aplikasi MyAdMedik@.

Baca Juga: Lolos SPMB Jabar 2025 Tahap 2? Jangan Lupa Daftar Ulang, Berikut Jadwal Lengkapnya

Sementara itu, digitalisasi penunjang operasional layanan AdMedika menghadirkan Avatar, sebuah sistem dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk kebutuhan analisa klaim, fraud, dan lain-lain. Terakhir, inovasi produk yang dihadirkan AdMedika adalah NAHSehat, e-Sign, e-Meterai, Bridging Host-to-Host, dan MedExpert.

Produk yang dihadirkan ini tidak terbatas pada solusi AdMedika, namun lebih luas lagi untuk berkolaborasi dengan TelkomGroup sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan digitalisasi di ekosistem kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan menghadirkan solusi yang mendukung efisiensi operasional rumah sakit dan kemudahan akses layanan kesehatan digital, AdMedika terus berupaya untuk mendukung transformasi sistem kesehatan nasional yang lebih inklusif dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat luas. (Ril)

Tags:
digitalisasi kesehatantelkomadmedika

Tim Poskota

Reporter

Novriadji Wibowo

Editor