Panduan Lengkap Contoh Rancangan Pengalaman Belajar REMBEL Kurikulum Merdeka 2025: Alur Penyusunan yang Efektif dan Terbaru

Selasa 08 Jul 2025, 09:57 WIB
Ini Contoh Rancangan REMBEL 2025 Kurikulum Merdeka: Strategi Menyusun Pengalaman Belajar Berkualitas (Sumber: Pinterest)

Ini Contoh Rancangan REMBEL 2025 Kurikulum Merdeka: Strategi Menyusun Pengalaman Belajar Berkualitas (Sumber: Pinterest)

Tujuan harus ditulis dalam kalimat yang terukur. Misalnya:

"Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu menjelaskan fungsi sosiologi dalam menganalisis gejala sosial."

Rumusan yang jelas akan memandu arah kegiatan.

3. Perancangan Aktivitas Belajar

Kegiatan sebaiknya:

  • bervariasi (diskusi, eksplorasi, proyek),
  • memicu rasa ingin tahu,
  • mendukung penguasaan kompetensi.

4. Desain Asesmen

Penilaian formatif dan sumatif harus dirancang sejak awal. Bentuk asesmen dapat berupa:

  • lembar observasi,
  • refleksi tertulis,
  • presentasi,
  • produk proyek.

5. Refleksi dan Evaluasi

Hasil pembelajaran diobservasi dan dicatat sebagai dasar perbaikan REMBEL di pertemuan berikutnya.

Contoh Rancangan Pengalaman Belajar

Untuk mempermudah pemahaman, berikut contoh REMBEL sederhana dalam mata pelajaran Sosiologi kelas XI:

Informasi Umum

  • Mata Pelajaran: Sosiologi
  • Kelas/Semester: XI / Ganjil
  • Topik: Peran Ilmu Sosiologi dalam Memahami Gejala Sosial
  • Model Pembelajaran: Discovery Learning
  • Profil Pelajar Pancasila: Mandiri, Bergotong royong

Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan makna dan fungsi sosiologi.
  2. Mengidentifikasi gejala sosial di lingkungan sekitar.
  3. Menggunakan pendekatan sosiologis dalam kajian fenomena sosial.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  • Guru membuka dialog tentang fenomena sosial terkini.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 menit)

  • Eksplorasi: Siswa menonton tayangan berita lokal.
  • Diskusi Kelompok: Menganalisis penyebab dan dampak gejala sosial.
  • Konfirmasi: Guru meluruskan konsep dan memberi penguatan teori.

Penutup (15 menit)

  • Refleksi tertulis.
  • Guru menyimpulkan pembelajaran.

Asesmen

  • Formatif: Pengamatan diskusi, refleksi.
  • Sumatif: Narasi singkat tentang gejala sosial dan dampaknya.

Media dan Sumber Belajar

  • Video berita.
  • Buku teks Sosiologi Kelas XI.
  • Lembar kerja observasi.

Refleksi Guru

Guru mencatat bahwa materi lebih mudah dipahami ketika dikaitkan dengan realitas. Untuk pertemuan berikutnya, guru merencanakan observasi lapangan agar pengalaman belajar makin kontekstual.


Berita Terkait


News Update