Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025: Penerapan UbD dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD

Minggu 15 Jun 2025, 10:38 WIB
Menyusun Jurnal Modul 1 Berbasis Understanding by Design (UbD) Mapel  IPA Kelas 4 SD

Menyusun Jurnal Modul 1 Berbasis Understanding by Design (UbD) Mapel IPA Kelas 4 SD

POSKOTA.CO.ID - Dalam dunia pendidikan Indonesia yang terus bergerak menuju pembelajaran berbasis kompetensi dan reflektif, Understanding by Design (UbD) menjadi pendekatan strategis dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang terstruktur, bermakna, dan berorientasi pada hasil belajar peserta didik.

Modul 1 PPG 2025 mengadopsi kerangka ini untuk meningkatkan kapasitas guru profesional dalam merancang, melaksanakan, dan merefleksikan proses pembelajaran.

Salah satu komponen penting dari Modul 1 PPG 2025 adalah penyusunan jurnal pembelajaran, yang harus diselesaikan peserta setelah menyelesaikan post test dan refleksi.

Artikel ini akan mengulas secara komprehensif contoh jurnal pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 4 SD yang mengikuti pendekatan UbD.

Ulasan ini dapat dijadikan rujukan oleh para guru dalam mengembangkan jurnal mereka masing-masing di platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (Ruang GTK), sebagai bagian dari transformasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Baca Juga: Refleksi Modul 1 Topik 3 PPG 2025: Mengapa Pendekatan TaRL dan UbD Relevan untuk Kurikulum Merdeka? Ini Jawabannya

Contoh Jurnal Pembelajaran IPA Kelas 4 SD: Penerapan Modul 1 PPG 2025

Nama Guru: [Isi sesuai nama Anda]
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester: IV / Genap
Tema: Alat Indera Manusia dan Fungsinya
Subtema: Cara Kerja dan Pemeliharaan Alat Indera
Topik Pembelajaran: Mengenal Alat Indera Manusia
Tanggal Pelaksanaan: [Isi sesuai waktu pelaksanaan]

Tahap 1: Desired Results (Hasil yang Diharapkan)

Standar Kompetensi (SK):
Memahami organ tubuh manusia dan fungsinya serta cara merawatnya.

Kompetensi Dasar (KD):
3.1 Mengidentifikasi alat indera manusia dan fungsinya.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang alat indera dan fungsinya dalam bentuk tulisan atau gambar.

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat:

  • Menyebutkan lima alat indera manusia beserta fungsinya.
  • Menjelaskan cara kerja masing-masing alat indera secara sederhana.
  • Menjelaskan cara merawat alat indera agar tetap sehat.

Essential Questions:

  • Mengapa alat indera penting bagi manusia?
  • Apa yang terjadi jika salah satu alat indera tidak berfungsi?
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan alat indera?

Berita Terkait


News Update