Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025: Penerapan UbD dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD

Minggu 15 Jun 2025, 10:38 WIB
Menyusun Jurnal Modul 1 Berbasis Understanding by Design (UbD) Mapel  IPA Kelas 4 SD

Menyusun Jurnal Modul 1 Berbasis Understanding by Design (UbD) Mapel IPA Kelas 4 SD

“Dengan memahami fungsi alat indera, siswa tidak hanya mengetahui bagian tubuhnya, tapi juga menyadari pentingnya merawatnya setiap hari.”Jurnal PPG 2025

Tahap 2: Assessment Evidence (Bukti Penilaian)

Penilaian Formatif:

  • Observasi aktivitas diskusi kelompok.
  • Kuis singkat tentang fungsi alat indera.
  • Gambar alat indera disertai penjelasan.

Penilaian Sumatif:

  • Presentasi kelompok mengenai satu alat indera dan fungsinya.
  • Poster hasil pengamatan dan refleksi pribadi tentang cara menjaga alat indera.

Tahap 3: Learning Plan (Rencana Pembelajaran)

Pendahuluan (10 menit):
Guru mengawali dengan pertanyaan pemantik:

“Apa yang kamu lihat saat bangun pagi?”

Dari sana, siswa merespons dengan menyebutkan pengalaman menggunakan panca indera seperti melihat cahaya matahari, mencium aroma makanan, atau mendengar suara burung. Guru lalu menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari fungsi alat indera.

Kegiatan Inti (60 menit):

  1. Eksplorasi:
    Siswa menyaksikan video edukatif singkat yang menjelaskan bagaimana alat indera bekerja secara visual dan mudah dipahami anak-anak.
  2. Diskusi Kelompok:
    Siswa dibagi menjadi lima kelompok; masing-masing kelompok membahas satu alat indera. Mereka mengidentifikasi fungsi, cara kerja, dan cara merawat alat tersebut.
  3. Presentasi:
    Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan dan penguatan materi.
  4. Refleksi Individu:
    Siswa diminta menuliskan pengalaman pribadi tentang bagaimana mereka menjaga salah satu alat indera yang dipilih, seperti mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau menghindari suara keras.

Penutup (10 menit):

Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran hari itu bersama-sama. Dilanjutkan dengan motivasi bahwa merawat panca indera adalah bagian dari bersyukur atas anugerah Tuhan.

Tugas Rumah:
Membuat poster tentang salah satu alat indera dan cara merawatnya untuk dipresentasikan di pertemuan berikutnya.

Refleksi Guru (Setelah Pembelajaran)

Apa yang berjalan baik?
Siswa menunjukkan antusiasme tinggi selama diskusi dan presentasi. Mereka mampu menyebutkan alat indera dan menjelaskan fungsinya dengan benar.

Apa yang perlu ditingkatkan?
Durasi presentasi kelompok harus lebih dikendalikan agar seluruh kelompok mendapat waktu proporsional. Masih ada beberapa siswa yang kurang aktif berkontribusi.


Berita Terkait


News Update