Ilustrasi kunci jawaban soal PPG 2025.(Sumber: Dok/PPG 2025)

Nasional

Kunci Jawaban 10 Soal Modul 1 Topik 3 PPG 2025, Cek Informasi Terbarunya

Kamis 12 Jun 2025, 17:48 WIB

POSKOTA.CO.ID - Bagi Anda peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2025, informasi mengenai kunci jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 menjadi sangat penting.

Program PPG 2025 ini mewajibkan setiap peserta untuk menyelesaikan berbagai materi dan soal latihan melalui platform resmi milik Direktorat Jenderal GTK.

Salah satu modul yang saat ini menjadi fokus utama adalah Modul 1 Topik 3, yang secara spesifik membahas pendekatan inovatif Teaching at The Right Level (TaRL) dalam proses pembelajaran.

Topik ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan aktual peserta didik, alih-alih hanya berpatokan pada kelas atau usia mereka.

Baca Juga: Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025 PGSD, Simak Panduan Lengkap untuk Calon Guru Profesional

Pendekatan TaRL ini sangat krusial untuk memastikan setiap siswa mendapatkan dukungan belajar yang tepat sesuai kebutuhannya.

Materi dalam Modul 1 Topik 3 ini dikemas dalam 10 soal pilihan ganda yang bertujuan menguji sejauh mana pemahaman peserta terhadap konsep TaRL secara menyeluruh.

Meskipun secara umum soal-soal tersebut terlihat sederhana, tidak sedikit peserta yang masih merasa ragu saat menjawabnya.

Oleh karena itu, untuk membantu memperdalam pemahaman Anda dan menghindari kesalahan, simak kunci jawaban lengkap Modul 1 Topik 3 PPG 2025 berikut ini sebagai panduan belajar yang efektif.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPG 2025 Cerita Reflektif Modul 2 Topik 4 School Well-being

Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 Terbaru

  1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah

A. Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik

B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik

C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam

D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik

E. Pembelajaran sesuai denagn kepribadian peserta didik

Jawaban: C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam

  1. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik

B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik

C. Mendapatkan data keluarga peserta didik

D. Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik

E. Mendapatkan data prestasi peserta didik

Jawaban: B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik

  1. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang

B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang

C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat

D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang beragam

E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik

Jawaban: D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang beragam

  1. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali...

A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik

B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik

C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan

D. Merencanakan jadwal, lokasi, dan waktu asesmen

E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran

Jawaban: B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik

  1. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah

A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan

D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran

E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemulihannya disesuaikan dengan kebutuhan

Jawaban: E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemulihannya disesuaikan dengan kebutuhan

  1. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk hal-hal berikut ini, kecuali

A. Menentukan tujuan pembelajaran

B. Menentukan pengelompokan peserta didik

C. Menentukan aktivitas pembelajaran

D. Menentukan media pembelajaran

E. Menentukan sumber belajar

Jawaban: A. Menentukan tujuan pembelajaran

  1. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi prasyaratnya. Hal yang perlu dilakukan Pak Panji adalah……

A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belaajr terkait topik prasyarat ini

B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik

D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengira-ngira kebutuhan peserta didik

E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik

Jawaban: B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

  1. Sebagai guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun, pada pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang muncul dari setiap kelompok. Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah…….

A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran

B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru

C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum

D. Semua benar

E. Semua salah

Jawaban: B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru

  1. Diberikan langkah-langkah berikut ini:

1) Menentukan tujuan pembelajaran

2) Melakukan asesmen awal kemampuan awal

3) Melakukan asesmen sumatif

4) Merancang kegiatan pembelaajran

5) Mempersiapkan sistem pendukung pembelajaran

Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah……..

A. 1-2-4

B. 1-3-5

C. 4-3-2

D. 1-2-3

E. 3-4-5

Jawaban: A. 1-2-4

  1. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian. Ia mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran karena kurang menguasai meteri prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah tersebut, kecuali……..

A. Mengembangkan diferensiasi konten

B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran

C. Menerapkan asesmen awal kognitif

D. Merumuskan diferensiasi asesmen formatif

E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek

Jawaban: C. Menerapkan asesmen awal kognitif

Disclaimer: Jawaban-jawaban di atas berasal dari konten-konten edukatif yang dipublikasi di YouTube. Kendati demikian, peserta bisa meningkatkan pemahaman belajar, bukan menyalin jawaban.

Tags:
PPG 2025kunci jawaban Modul 1 Topik 3Pendidikan Profesi GuruTaRLGTK

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor