Ilustrasi contoh jurnal modul 1 PPG 2025 PGSD. (Sumber: Pexels/Vlada Karpovich)

Nasional

Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025 PGSD, Simak Panduan Lengkap untuk Calon Guru Profesional

Kamis 12 Jun 2025, 17:13 WIB

POSKOTA.CO.ID - Bagi para peserta Pendidikan Profesi Guru  2025 (PPG 2025) khususnya program PGSD, menyusun jurnal pembelajaran adalah bagian integral dari proses belajar.

Jurnal PPG ini menjadi bukti pemahaman Anda terhadap setiap modul yang dipelajari.

Bagi Anda yang mengikuti PPG 2025, artikel ini akan menyajikan contoh jurnal Modul 1 PGSD yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPG 2025 Cerita Reflektif Modul 2 Topik 4 School Well-being

Struktur dan Persyaratan Jurnal Pembelajaran PPG

Setiap jurnal pembelajaran PPG harus disusun setelah Anda menyelesaikan latihan pemahaman, cerita reflektif, dan post test pada modul yang bersangkutan.

Berdasarkan informasi dari laman resmi pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id, jurnal PPG wajib memiliki minimal 300 kata dan diunggah dalam format PDF.

Struktur jurnal PPG umumnya mencakup empat komponen utama:

Baca Juga: Mengapa Joyful Learning Masih Tertinggal? Studi Reflektif atas Praktik Pembelajaran Mendalam di Kalangan Guru PPG 2025

Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025 PGSD

Modul 1 PPG 2025 PGSD berfokus pada peran strategis guru dalam merancang pembelajaran yang efektif, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik.

Salah satu prinsip pembelajaran yang ditekankan adalah Understanding by Design (UbD) dan pembelajaran berdiferensiasi. Implementasi prinsip-prinsip ini kemudian didokumentasikan dalam jurnal pembelajaran.

Berikut adalah contoh jurnal Modul 1 PPG 2025 PGSD dengan fokus pada Understanding by Design (UbD), dikutip dari dokumen yang dibagikan oleh YouTube Kang UY:

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Jurnal Pembelajaran PPG Guru Daljab 2025 Langsung Lolos Validasi Sistem, Hindari Plagiasi

JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 1 PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN "Rancangan Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Understanding by Design (UbD)"

A. Latar Belakang

Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran mendalam (deeper learning), di mana peserta didik tidak hanya mengetahui fakta, tetapi juga memahami konsep secara utuh dan mampu menerapkannya dalam berbagai konteks.

Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan kerangka kerja perencanaan pembelajaran yang sistematis dan terfokus pada tujuan akhir.

Salah satu pendekatan yang paling relevan adalah Understanding by Design (UbD). Jurnal ini akan mendokumentasikan proses perencanaan dan penerapan pembelajaran IPAS Kelas V SD pada materi "Cahaya dan Sifatnya" menggunakan kerangka kerja UbD, mulai dari perumusan tujuan hingga refleksi pasca-pembelajaran.

Baca Juga: Mengapa Joyful Learning Masih Tertinggal? Studi Reflektif atas Praktik Pembelajaran Mendalam di Kalangan Guru PPG 2025

B. Konsep Pembelajaran dengan Prinsip UbD

Pengertian Understanding by Design (UbD)  adalah sebuah kerangka kerja untuk merancang kurikulum, unit pembelajaran, dan asesmen yang berfokus pada pemahaman dan transfer belajar.

Tujuan UbD

Memastikan peserta didik mencapai pemahaman yang mendalam dan abadi (enduring understanding), bukan sekadar hafalan fakta.

Menjadikan proses belajar lebih terarah dan bermakna bagi peserta didik karena mereka tahu tujuan yang ingin dicapai.

Merancang asesmen yang benar-benar dapat mengukur pemahaman dan kemampuan peserta didik untuk menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Jurnal Pembelajaran PPG Guru Daljab 2025 Langsung Lolos Validasi Sistem, Hindari Plagiasi

Memastikan semua kegiatan, materi, dan strategi pembelajaran yang dipilih secara langsung mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah Perencanaan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

C. Penerapan Prinsip Understanding by Design (UbD) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V SD Materi "Cahaya dan Sifatnya"

Tujuan Pembelajaran

Baca Juga: Contoh Soal Post Test PPA Umum 2 Lengkap dengan Kunci Jawabannya untuk PPG 2025

Asesmen

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Peserta didik diajak mengamati fenomena cahaya di sekitar, dilanjutkan dengan pembuatan produk sederhana (misalnya, periskop) sebagai stimulus.

Inti

Pemberian materi interaktif tentang sifat-sifat cahaya (merambat lurus, dapat dipantulkan, dibiaskan, dan menembus benda bening) melalui eksperimen sederhana. Peserta didik mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara kolaboratif.

Penutup

Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran mengenai 4 sifat cahaya dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan Penerapan

Penerapan kerangka UbD dalam merancang pembelajaran materi "Cahaya dan Sifatnya" terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik mencapai pemahaman konsep yang mendalam dan keterampilan aplikatif.

D. Refleksi

Refleksi Diri Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan tercapai. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, yaitu manajemen waktu untuk kegiatan eksperimen agar lebih optimal, serta kejelasan instruksi LKPD perlu lebih diperinci agar peserta didik dapat bekerja secara mandiri.

Umpan Balik dari Rekan Sejawat "Perancangan dengan UbD sudah sangat terstruktur. Tujuan, asesmen, dan kegiatannya sangat sinkron dan relevan dengan capaian pembelajaran."

Dokumentasi (Sertakan foto-foto relevan saat pembelajaran di kelas yang menunjukkan implementasi kegiatan.)

Itulah contoh pembuatan jurnal modul 1 PPG 2025 untuk PGSD. Semoga bermanfaat!

Tags:
Contoh Jurnal Modul 1 PPG 2025 PGSDPersyaratan Jurnal Pembelajaran PPGcontoh jurnal Modul 1 PGSDJurnal PPGPGSDPPG 2025

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor