POSKOTA.CO.ID - Para peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru Tertentu 2025 diharuskan mengikuti post test Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA) setelah seluruh materi diselesaikan.
Tes ini menjadi evaluasi akhir untuk melihat pemahaman peserta terhadap materi yang telah dipelajari. Soal post-test diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan materi yang mencakup berbagai topik penting seperti metode pembelajaran, prinsip pedagogik, dan teknik asesmen.
Ujian ini terbagi ke dalam tiga bagian sesuai dengan modul pembelajaran yang tersedia. Berikut adalah kunci jawaban post tes modul 1
Kunci Jawaban Post Test Modul 1
1. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien.
Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antaranya mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?
A. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing.
B. Menyadari adanya perbedaan lemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik.
C. Tetap menggunakan metode pengajaran yang biasa dilakukan.
D. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik.
E. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai denagn tingkat kemampuan menulis peserta didik.
Jawaban: E
2. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing.
Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?
A. Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan.
B. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut.
C. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran.
D. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya.
E. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing.
Jawaban: C
3. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini terdapat peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa.
Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
A. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan bahasa Indinesia ketika mengajar.
B. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi.
C. Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas.
D. Melibatka peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia.
E. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa.
Jawaban: D
4. Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit.
Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?
A. Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut.
B. Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik.
C. Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa di antaranya harus pelan-pelan.
D. Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari.
E. Memastikan kembali kondisi peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan.
Jawaban: E
5. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekola Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan melakukan proses pembelajaran penilaian.
Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
A. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas.
B. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut.
C. Memahami pentingnya metode obsertvasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli.
D. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola terdekat.
E. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar.
Jawaban: A