Pemahaman modul 1 topik 3 PPG 2025 (Sumber: Dok/PPG 2025)

Nasional

Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG 2025 untuk Guru Tertentu

Rabu 11 Jun 2025, 16:43 WIB

POSKOTA.CO.ID - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Guru Tertentu merupakan jenjang lanjutan setelah menyelesaikan studi sarjana yang bertujuan untuk memperoleh Sertifikat Pendidik.

Proses pembelajaran dilakukan secara mandiri melalui platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Di dalam platform tersebut, peserta PPG memiliki akses ke berbagai bahan ajar, salah satunya adalah Modul 1 Topik 3.

Modul ini dirancang untuk memperdalam pemahaman guru dalam mengimplementasikan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di dalam kelas.

Baca Juga: PPG Daljab 2025: Simak Cara Lapor Diri dan Upload Dokumen RPL dengan Benar, Akses Link LPTK di SIni

Setelah menyelesaikan pembelajaran, peserta perlu menguji pemahaman mereka dengan mengikuti Latihan Pemahaman.

Untuk membantu proses belajar, berikut disajikan kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG 2025 yang dapat dijadikan acuan.

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG 2025

Latihan ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda yang disusun untuk mengukur sejauh mana peserta memahami pendekatan Teaching at The Right Level.

Pertanyaan akan muncul secara acak untuk setiap peserta.

Kunci jawaban berikut dirangkum dari video “Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG bagi Guru Tertentu” yang dilansir dari Bimbel Online di YouTube.

  1. Makna utama pembelajaran dengan pendekatan TaRL adalah...

A. Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik

B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik

C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam

D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik

E. Pembelajaran sesuai dengan kepribadian peserta didik

Jawaban: C. Pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam.

  1. Tujuan pelaksanaan asesmen awal dalam pendekatan TaRL adalah...

A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik

B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik

C. Mendapatkan data keluarga peserta didik

D. Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik

E. Mendapatkan data prestasi peserta didik

Jawaban: B. Untuk memperoleh data kemampuan awal peserta didik.

  1. Pertimbangan utama guru saat menyusun aktivitas dalam pendekatan TaRL adalah...

A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang

B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang

C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat

D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam

E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik

Jawaban: D. Aktivitas disesuaikan dengan keragaman kemampuan peserta didik.

  1. Hal yang tidak termasuk dalam persiapan asesmen awal adalah...

A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik

B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik

C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan

D. Merencanakan jadwal lokasi dan waktu asemen

E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran

Jawaban: B. Mengidentifikasi latar belakang keluarga peserta didik.

  1. Diferensiasi dalam pembelajaran berbasis TaRL dilakukan dengan...

A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan

D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran

E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan

Jawaban: E. Menggunakan berbagai jenis diferensiasi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Post Test PPA Umum 1 Modul 1 PPG 2025, Tips Sukses Meraih Nilai Maksimal

  1. Hasil asesmen kognitif awal tidak digunakan untuk...

A. Menentukan tujuan pembelajaran

B. Menentukan pengelompokkan peserta didik

C. Menentukan aktivitas pembelajaran

D. Menentukan media pembelajaran

E. Menentukan sumber belajar

Jawaban: A. Menentukan tujuan pembelajaran.

  1. Langkah yang perlu dilakukan Pak Panji sebelum mengajarkan topik baru adalah...

A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belajar terkait topik prasyarat ini

B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik

D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengirangira kebutuhan peserta didik

E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik

Jawaban: B. Merencanakan asesmen awal guna mengidentifikasi kemampuan peserta didik.

  1. Solusi bagi Ibu Dewi yang menghadapi pertanyaan dari banyak kelompok adalah...

A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran

B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru

C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum

D. Semua benar

E. Semua salah

Jawaban: B. Memfasilitasi kolaborasi antar peserta didik agar saling membantu dan memverifikasi pemahaman mereka.

  1. Urutan langkah dalam merencanakan pembelajaran TaRL adalah...

A. 1-2-4

B. 1-3-5

C. 4-3-2

D. 1-2-3

E. 3-4-5

Jawaban: A. Menentukan tujuan pembelajaran - melakukan asesmen awal - merancang aktivitas pembelajaran.

  1. Tindakan yang tidak perlu dilakukan Ibu Diaz dalam menghadapi perbedaan penguasaan materi adalah...

A. Mengembangkan diferensiasi konten

B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran

C. Menerapkan asesmen awal kognitif

D. Merumuskan diferensiasi asesmen formati

E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek

Jawaban: C. Melaksanakan kembali asesmen awal kognitif.

Tags:
Teaching at The Right Level GTKTenaga KependidikanRuang Guru platformSertifikat Pendidikstudi sarjanaGuruProgram Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Insan Sujadi

Reporter

Insan Sujadi

Editor