POSKOTA.CO.ID - Bagi para calon guru yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes Pendidikan Profesi Guru (PPG) dapat berlatih mengerjakan sejumlah soal tes PPG Prajabatan 2025.
Setiap lulusan sarjana yang ingin meraih profesi guru maka perlu mengikuti tes PPG yang diadakan oleh Kemendikdasmen (dulu Kemdikbud).
Tes PPG ini digelar guna mencetak generasi pengajar yang berkualitas sehingga mampu membantu mencerdaskan anak bangsa.
Dengan adanya tes ini, hanya para guru yang kompeten yang bisa terpilih menjadi pendidik di sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia.
Oleh karena itu, penting bagi lulusan baru yang ingin menjadi guru profesional untuk memahami setiap soal tes PPG agar berhasil lolos seleksi.
Ada dua jenis tes yang akan diberikan, yakni tes substantif dan juga tes wawancara. Tes substantif berisi sejumlah soal yang menjadi langkah awal proses seleksi.
Baca Juga: Contoh Jurnal PPG 2025 Modul 1 Topik 4: CRT dengan Format Simpel dan Mudah Ditiru
Sertifikat PPG yang berhasil didapatkan nantinya bisa digunakan untuk mengikuti tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk profesi guru.
Dalam artikel ini terdapat sejumlah contoh latihan soal tes PPG Guru lengkap dengan jawabannya.
Jumlah Soal dan Waktu Pengerjaannya
Pada tahun lalu, jumlah keseluruhan soal tes substantif ada sebanyak 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 150 menit. Berikut rinciannya.
Tes penguasaan konten: 70 butir soal (90 menit)
Tes kemampuan literasi dan numerasi: 30 butir soal (60 menit)
Contoh Soal Tes PPG Prajabatan
1. Sebagian guru menguasai bahasa asing. Semua yang menguasai bahasa asing pandai bergaul.
Simpulan yang paling tepat adalah…
A. Sebagian yang tidak pandai bergaul bukan guru
B. Sebagian guru yang tidak menguasai bahasa asing pandai bergaul
C. Sebagian yang pandai bergaul bukan guru
D. Sebagian yang pandai bergaul adalah guru
Jawaban: D
2. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berpikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap …
A.Tahap sensorimotorik
B.Tahap praoperasional
C.Tahap operasional konkrit
D.Tahap operasional
Jawaban: A
3. Tujuan pembelajaran dari kompetensi dasar mata pelajaran dijabarkan langsung dari …
A. Kompetensi dasar
B. Kurikulum
C. Indikator
D. Standar Kompetensi
Jawaban: C
4. Di sebuah proses belajar mengajar terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan merampungkan soal tentang membedakan sebuah buku fiksi dan non fiksi. Tindakan saudara sebagai guru adalah….
A. Meminta peserta didik menghapal pengertian fiksi dan nonfiksi
B. Meminta peserta didik supaya membaca kembali buku
C. Meminta peserta didik membaca tulisan-tulisan dari buku fiksi dan non fiksi
D. Memberikan contoh-contoh tulisan-tulisan yang berbentuk fiksi dan nonfiksi
Jawaban: D
5. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan…
A. Standar kompetensi
B. Kompetensi dasar
C. Materi pembelajaran
D. Strategi pembelajaran
Jawaban: B
6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut…
A. menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
E. mengadakan tes remidi
Jawaban: C
7. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu…
A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
B. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
C. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
Jawaban: B
8. Pembelajaran kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah…
A. membangkitkan minat siswa
B. merangsang siswa lebih aktif belajar
C. memberi kesempatan siswa berkreasi
D. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
E. menantang siswa untuk selalu belajar
Jawaban: D
9. Struktur materi ajar atau pengetahuan berupa prosedur fisik idealnya dapat disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melalui metode …
A. Demonstrasi
B. Inkuiri
C. Pengamatan
D. Eksperimen
Jawaban: A
10. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh…
A. Ehavioris
B. Kognitivis
C. Kognitivis behavior
D. Konstruktivisme
Jawaban: D
11. Pilih pernyataan yang sesuai bila hasil lebih dari 100!
A. Diskriminan dari pembuat nol adalah 12
B. Ada 2 nilai pembuat nol
C. Jumlah pembuat nol adalah -28
D. Hasil kali dari pembuat nol adalah 160
E. Kuadrat jumlah pembuat nol adalah 1444
Jawaban: B dan D
12. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
A. Mengukur ketuntasan peserta didik
B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran
C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
Jawaban: C
13. Kepala sekolah meminta guru menyerahkan laporan jika kegiatan telah dilaksanakan. Jika laporan telah diserahkan, honor guru dibayarkan.
Simpulan yang paling tepat adalah…
A. Honor guru tidak dibayarkan berarti kegiatan belum dilaksanakan
B. Jika honor guru dibayarkan kepala sekolah dapat menugaskan guru membuat laporan
C. Jika kepala sekolah menerima laporan, kegiatan segera dilaksanakan
D. Laporan kegiatan belum diserahkan berarti horor kepala sekolah tidak dibayarkan
Jawaban: A
14. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari kemampuan awal yang dimilikinya.
Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa, kecuali …
A. memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari terdahulu pada awal pembelajaran
B. memberikan pretest pada awal pembelajaran menggunakan instrumen yang memadai tentang materi yang telah dipelajari terdahulu
C. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan belajar tentang materi yang telah dipelajarinya terdahulu
D. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya
Jawaban: D
15. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah…
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing di antara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
Jawaban: B
16. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penugasan kompetensi prasyarat peserta didik adalah…
A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional
B. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa inggris
C. Melakukan kegiatan pre test
D. Melakukan post test
Jawaban: C
17. Perhatikan teks berikut!
(1) Penambangan liar terjadi di berbagai wilayah Indonesia.
(2) Rehabilitasi lingkungan menjadi program yang diprioritaskan Pemerintah.
Manakah di bawah ini yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2)?
A. pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat
B. pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat
C. pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab namun tidak saling berhubungan.
D. pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan
Jawaban: A
18. Perhatikan teks berikut!
(1) Guru meminta murid mencuci tangan sebelum makan.
(2) Orang tua membekali anaknya makan siang.
Manakah di bawah ini yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2)?
A. pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat
B. pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat
C. pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab namun tidak saling berhubungan.
D. pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan
Jawaban: B
19. Dalam kaitannya dengan upaya motivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada…
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
Jawaban: C
20. Semua pelajar memakai sepatu hitam. Beberapa yang hadir di sekolah tidak memakai sepatu hitam.
Simpulan yang tepat dari dua pernyataan di atas adalah…
A. Beberapa yang hadir di sekolah bukan pelajar
B. Beberapa yang hadir di sekolah memakai sepatu hitam
C. Beberapa yang memakai sepatu hitam bukan pelajar
D. Kakek dan Ajo Sidi bermusuhan
Jawaban: A