Viral Dana Pinjol Tiba-Tiba Ditransfer, Rupiah Cepat Buka Suara Usai Dipanggil OJK

Kamis 22 Mei 2025, 17:03 WIB
Ilustrasi modus penipuan pinjol, tiba-tiba dapat transferan. (Sumber: Pinterest)

Ilustrasi modus penipuan pinjol, tiba-tiba dapat transferan. (Sumber: Pinterest)

Ia menyebutkan laporan pengaduan dari korban tengah dalam proses penyelidikan internal.

“Berdasarkan investigasi awal, tidak ditemukan indikasi adanya pelanggaran sistem atau kebocoran data pribadi dari pihak Rupiah Cepat. Namun kami tetap melakukan koordinasi lebih lanjut dengan nasabah untuk memastikan penyelesaian yang dilakukan secara adil dan proporsional bagi semua pihak,” bunyi keterangan Rupiah Cepat dikutip pada Kamis, 22 Mei 2025.

“Kami pastikan, setiap langkah dilakukan dengan mengedepankan prinsip perlindungan konsumen dan kepatuhan hukum,” sambungnya.

Baca Juga: Pengakuan Nasabah Pinjol Ilegal, Kerap Ditagih hingga Hadapi Hal Ini

Dipanggil OJK

Usai dipanggil oleh OJK, Rupiah Cepat menyebutkan jika pihaknya meminta maaf dan telah memenuhi panggilan OJK, memenuhi permintaan klarifikasi dari AFPI serta menjalin komunikasi langsung dengan pengguna terkait.

Pihaknya juga sebagai penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang berizin dan diawasi OJK, telah mengambil langkah serius dan bertanggung jawab dalam menangani pengaduan pengguna yang sempat jadi perhatian publik.

“Sebagai bagian dari komitmen terhadap perlindungan konsumen dan kepatuhan terhadap regulasi. Rupiah Cepat telah memenuhi panggilan OJK dan melakukan audiensi resmi dengan AFPI guna memastikan seluruh proses penanganan pengaduan dilakukan dengan mengedepankan prinsip perlindungan konsumen dan kepatuhan hukum,” bunyi keterangannya.

Kemudian pihak Rupiah Cepat mengaku telah melakukan komunikasi langsung dengan pengguna yang bersangkutan dalam rangka menyamakan pemahaman atas kronologis kejadian serta menjajaki solusi penyelesaian yang mengedepankan prinsip keadilan dan itikad baik dari semua pihak.

Baca Juga: Ancaman Penjara bagi Nasabah yang Hapus Aplikasi Pinjol, Benarkah? Cek Faktanya di Sini!

Proses penyelesaian dilakukan dengan diskusi secara tertutup dan mengedepankan kerahasiaan serta kenyamanan pengguna.

“Kami menghargai setiap masukan dan pengaduan dari pengguna sebagai bagian dari proses perbaikan layanan secara berkelanjutan. Kami juga berterima kasih atas atensi dan pengawasan dari OJK dalam penanganan kasus ini,” ujar Direktur Utama Rupiah Cepat, Baladina Siburian.

Kini Rupiah Cepat telah melakukan investigasi dan evaluasi secara menyeluruh untuk perbaikan dan berkomitmen untuk memperkuat sistem keamanan data serta meningkatkan keandalan proses verifikasi pengguna.


Berita Terkait


News Update