JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat bersama Pemerintah Kota Jakarta Pusat siap mempercepat transformasi digital layanan JKN demi kemudahan akses bagi masyarakat.
Melalui audiensi dengan Wali Kota Jakarta Pusat pada 8 April 2025, kolaborasi ini menjelaskan tentang pentingnya perluasan layanan non-tatap muka serta pemanfaatan fitur antrean online di aplikasi Mobile JKN sebagai solusi layanan kesehatan yang lebih efisien dan ramah digital.
Tujuan utama kolaborasi ini adalah memperluas akses layanan kesehatan yang lebih mudah, cepat, dan efisien bagi masyarakat, khususnya melalui pemanfaatan layanan digital seperti aplikasi Mobile JKN dan WhatsApp Pandawa.
Selain itu, BPJS Kesehatan juga memaparkan capaian Program JKN di Jakarta Pusat sebagai bagian dari upaya evaluasi bersama dan penguatan strategi sosialisasi kepada publik.
Baca Juga: Hari Kebebasan Pers Sedunia 3 Mei: Sejarah, Tujuan, dan Tema 2025
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat, Diah Sofiawati menjelaskan bahwa pentingnya inovasi digital sebagai langkah strategis BPJS Kesehatan dalam memperluas jangkauan layanan. Ia menilai bahwa penguatan kanal digital bukan sekadar adaptasi teknologi, melainkan jawaban atas kebutuhan Peserta JKN yang semakin dinamis dan serba cepat.
“Melalui aplikasi Mobile JKN dan layanan Pandawa, peserta JKN dapat menikmati berbagai kemudahan mulai dari pengecekan status kepesertaan, Update data pribadi, hingga Antrean Online tanpa perlu datang ke kantor cabang. Semua layanan ini kami hadirkan agar peserta bisa mengakses kebutuhan administrasi kesehatan dengan lebih mudah dan cepat. Inovasi ini menjadi langkah nyata kami dalam menciptakan layanan yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini,” ujar Diah.
Ia juga menambahkan bahwa pencapaian program JKN di Jakarta Pusat terus menunjukkan tren positif, namun tetap diperlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah, agar upaya edukasi pelayanan digital tentang JKN dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Wali Kota Jakarta Pusat, Arifin menyampaikan apresiasinya terhadap pengembangan layanan digital yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Ia melihat bahwa transformasi ini dapat memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kualitas layanan publik, terutama dalam hal kecepatan dan kemudahan akses.
Baca Juga: Jadwal Lengkap dan Streaming Kualifikasi F1 GP Miami 2025, Cek di Sini!
Arifin menyatakan bahwa Pemerintah Kota Jakarta Pusat siap mendukung penyebarluasan informasi tentang layanan non-tatap muka kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi yang dimiliki oleh Pemkot.