POSKOTA.CO.ID - Pemandangan tak biasa terjadi di Jalan Kampung Baru III, kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.
Bahkan hal ini viral lantaran ribuan kurir dari berbagai wilayah Jabodetabek tampak antre untuk melakukan retur paket.
Antrean tersebut bahkan mengular sejauh hampir dua kilometer demi satu tujuan, yakni mengembalikan barang retur ke agen pengelola paket Shopee.
Momen ini terekam dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @mood.jaakarta dan langsung menyita perhatian warganet.
Dalam video berdurasi singkat tersebut, terlihat ratusan bahkan ribuan pengemudi ojek online dan kurir pengantar paket berdiri rapat, memadati seluruh ruas jalan yang sempit.
Baca Juga: Sosok Walid dalam Drama Malaysia Bidaah Viral di TikTok, Siapa Dia Sebenarnya?
Beberapa mengenakan seragam khas Shopee Express (SPX), Gojek, hingga kurir independen yang tak memakai atribut apa pun.
Ironisnya, lokasi pengembalian barang tersebut bukanlah sebuah pusat logistik resmi atau gudang besar sebagaimana mestinya.
Melainkan sebuah rumah biasa yang dialihfungsikan menjadi titik penerimaan barang retur dari para agen Shopee.
Hal inilah yang membuat distribusi dan manajemen antrean menjadi kacau hingga menyebabkan kemacetan total di sepanjang jalan.
“Ini doang yang buka, jadi semua ke sini. Padahal cuma buat retur doang,” ujar perekam video sambil memperlihatkan para kurir yang berdiri mengular.
Banyak kurir yang datang dari jauh, seperti dari Bekasi dan Bogor, mengaku harus menunggu berjam-jam karena sistem antrean yang tidak jelas dan lokasi yang tidak memadai.
Kurangnya titik pengembalian barang menyebabkan semua kurir menumpuk di satu lokasi.
Baca Juga: Makna Meme ‘Kesenggol Toples Kue Sagu Keju’ yang Viral di Tiktok, Ternyata Isinya Canggung
Hal ini tak hanya menyulitkan para kurir, tapi juga memicu kekacauan di lingkungan warga sekitar.
Jalan Kampung Baru III yang sempit akhirnya tidak bisa dilalui kendaraan lain sama sekali, bahkan untuk sepeda motor.
Tak butuh waktu lama, video tersebut pun viral dan memancing ratusan komentar dari netizen yang geram.
Banyak dari mereka meluapkan kekesalan terhadap layanan Shopee Express yang dianggap tidak efisien dan membebani kurir.
“Tolong Shopee dievaluasi sistemnya. Tracking barang saja nggak jelas, sekarang retur bikin jalan macet,” tulis akun @ita_ika***.
“Pantas saja banyak pindah ke TikTok Shop. Layanan SPX parah begini,” sahut akun lainnya.
“Efek Shopee serahkan semuanya ke KJN, nggak ada gudang tambahan jadi kacau kayak begini,” celoteh akun @mridwa***.