Pemerintah telah menyediakan aplikasi Cek Bansos yang dapat diakses oleh masyarakat untuk memeriksa kelayakan dalam mengikuti program bantuan sosial.
Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk mengajukan usulan dan menyampaikan sanggahan. Bila Anda ingin mendaftarkan penerima baru, agar mendapatkan bantuan di tahap 2, ikuti langskh-langkahnya berikut ini:
1. Unduh Aplikasi Cek Bansos
Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store. Silakan unduh dan pasang di perangkat Anda untuk mempermudah akses.
2. Buat Akun Baru
Setelah membuka aplikasi, klik tombol "Buat Akun Baru" untuk melakukan registrasi. Isi data yang diperlukan seperti nama lengkap, nomor KTP atau KK, alamat domisili, dan alamat email aktif.
3. Unggah Dokumen
Unggah foto e-KTP Anda beserta swafoto saat memegang e-KTP tersebut sebagai verifikasi identitas.
4. Verifikasi Akun
Setelah memasukkan data dengan benar, klik "Buat Akun Baru" untuk melanjutkan. Periksa email Anda untuk melakukan verifikasi akun dan ikuti instruksi yang diberikan untuk aktivasi.
Baca Juga: Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 Bulan Januari hingga Maret 2025 Disalurkan, Cek KKS Sekarang!
5. Masuk ke Aplikasi
Setelah berhasil aktivasi, login kembali ke aplikasi Cek Bansos menggunakan email dan kata sandi yang telah Anda buat saat registrasi.
6. Ajukan Usulan
Untuk mengajukan usulan, pilih opsi "Tambahkan Usulan" dan isi informasi pribadi yang diperlukan. Pilih juga jenis bantuan sosial yang ingin diajukan, seperti BLT, BPNT, PKH, atau lainnya.
7. Tunggu Verifikasi
Setelah semua langkah selesai, tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak Kementerian Sosial. Jika disetujui, bantuan sosial akan disalurkan pada saat pencairan.