Informasi dari pengecekan langsung menunjukkan bahwa dana PKH sudah masuk ke rekening para penerima. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi banyak keluarga yang sangat membutuhkan bantuan ini.
2. BPNT
Untuk BPNT, kondisi pencairannya masih sedikit berbeda. Saat ini, sebagian besar pencairan BPNT masih terdokumentasi melalui Bank Mandiri dan BSI, sementara di Bank BRI dan BNI yang sudah mendistribusikan PKH, pencairan BPNT belum sepenuhnya merata.
Untuk itu, para penerima manfaat diimbau agar tetap bersabar karena proses pencairan BPNT melalui kedua bank tersebut masih berlangsung secara bertahap.
Proses Pencairan Melalui PT Pos Indonesia
Bagi KPM yang pencairan bantuan sosialnya dilakukan melalui PT Pos Indonesia, diinformasikan bahwa proses penyaluran masih dalam tahap penyiapan.
Hingga pagi hari ini, status pencairan di PT Pos Indonesia masih berada pada tahap SPM. Mengingat kerumitan yang melibatkan proses verifikasi undangan, pembuatan barcode, dan penyiapan dana dalam jumlah besar, diprediksi bahwa pencairan melalui PT Pos kemungkinan akan selesai paling cepat pada akhir Februari dan bisa jadi baru mencapai Maret.
Oleh karena itu, para penerima bantuan dana bansos PKH dan BPNT yang menggunakan layanan PT Pos Indonesia disarankan untuk sedikit lebih bersabar menunggu proses pencairan.
Bantuan sosial ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban dan mendukung kesejahteraan keluarga, serta kemungkinan pencairan berikutnya bisa dilakukan dalam waktu tiga bulan mendatang.
Guna mengetahui informasi lebih lanjut mengenai status pencairan dan penerimaan sejumlah program bantuan sosial pemerintah lainnya, KPM dapat mengakses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id ataupun aplikasi Cek Bansos Kemensos.
DISCLAIMER: Anda penerima bansos dalam artikel ini bukanlah seluruh pembaca poskota.co.id, melainkan masyarakat yang masuk ke dalam DTKS sebagai penerima bansos dan memenuhi syarat serta kriteria sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah.