Masyarakat Bisa Ikut Awasi Penyaluran Bansos Kemensos, Cek Caranya di Sini

Senin 16 Des 2024, 18:24 WIB
Begini cara mengajukan usulan dan sanggahan untuk penerima bansos Kemensos. (Instagram/@jamiladindahawk)

Begini cara mengajukan usulan dan sanggahan untuk penerima bansos Kemensos. (Instagram/@jamiladindahawk)

POSKOTA.CO.ID - Penyaluran dana bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) terus disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Penyaluran bantuan ini didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kemensos.

Namun, dalam pelaksanaannya belum sempurna sehingga masih ada penerima bansos yang tidak tepat sasaran.

Untuk itu, Kemensos menghadirkan inovasi melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengecek status penerima bantuan sosial yang diberikan oleh Kemensos.

Namun, tidak hanya itu karena pada aplikasi Cek Bansos terdapat fitur Usul dan Sanggah yang bisa digunakan untuk mengawasi penyaluran bansos.

Fitur usul ada agar masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima bansos, namun masih belum menjadi peserta bisa mengajukan diri.

Sementara untuk fitur Usul bisa digunakan untuk melaporkan penerima manfaat bansos yang tidak tepat sasaran.

Laporan yang diajukan tentunya harus disertai dengan bukti bahwa penerima manfaat adalah masyarakat yang mampu secara sosial ekonomi.

Melansir dari kanal YouTube Kemensos, untuk penggunaan aplikasi Cek Bansos sendiri bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Unduh Aplikasi Cek Bansos

  1. Buka Google Play Store atau App Store di ponsel
  2. Cari aplikasi dengan mengetik 'Cek Bansos'
  3. Pilih aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial RI, lalu unduh dan instal aplikasi tersebut

Registrasi di Aplikasi Cek Bansos

  1. Buka kembali aplikasi Cek Bansos
  2. Masukkan data pribadi seperti Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Kartu Keluarga (KK), dan alamat sesuai dengan yang tercantum dalam data DTKS
  3. Buat akun dengan menggunakan alamat email dan nomor telepon aktif
  4. Foto KTP dan selfi bersama KTP
  5. Verifikasi akun melalui email

Cek Status Penerimaan Bansos

  1. Masuk ke aplikasi Cek Bansos dan pilih menu 'Cek Bansos'
  2. Masukkan nama lengkap sesuai KTP dan alamat domisili
  3. Tekan tombol 'Cari Data'
  4. Data yang dicari akan muncul di layar yang menampilkan status penerimaan bansos

Memberikan Tanggapan Kelayakan Penerima Bansos

  1. Masuk ke menu tanggapan kelayakan di aplikasi Cek Bansos
  2. Pada halaman tersebut akan ditampilkan keluarga penerima manfaat
  3. Anda bisa gunakan ikon jempol ke atas yang berarti layak
  4. Anda bisa gunakan ikon jempok ke bawah apabila KPM tidak layak
  5. Unggah foto pendukung
  6. Klik centang untuk menyetujui pernyataan penganggung jawaban

Daftar Usulan Bansos

  1. Pada aplikasi Cek Bansos masuk ke menu daftar usulan
  2. Masukkan data yang diminta sesuai dengan data kependudukan yang valid
  3. lampirkan KTP dan swafoto bersama KTP
  4. Unggah foto kondisi rumah lalu kirimkan usulan

Nah, dengan mengetahui cara melaporkan ketidak layakan serta membantu mengusulkan penerima yang layak, masyarakat bisa berpartisipasi untuk membantu penyaluran bansos Kemensos bisa tepat sasaran.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Berita Terkait

News Update