3. Setelah semua dokumen lengkap, segera serahkan berkas tersebut ke sekolah agar pihak sekolah dapat memverifikasi data dan melakukan input data ke dalam sistem Dapodik.
Setelah data diinputkan oleh sekolah, pihak penyelenggara akan melakukan proses verifikasi data siswa yang diajukan oleh sekolah. Jika siswa memenuhi syarat dan
terdaftar dalam Dapodik sebagai calon penerima bantuan, maka siswa tersebut akan ditetapkan sebagai penerima PIP.
Bagi siswa yang telah dinyatakan sebagai penerima PIP, maka dana bantuan akan disalurkan melalui rekening Bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah, yaitu Bank BNI, BRI, atau Mandiri.
Cara Mengecek Penerima Bansos PIP
Jika ingin mengetahui kepesertaan penerima bansos PIP bisa dilakukan melalui situs pip.kemendikbud.go.id seperti cara berikut ini:
1. Masuk ke laman pip.kemendikbud.go.id
2. Isikan NISN dan NIK siswa
3. Tuliskan hasil jawaban penjumlahan yang diberikan
4. Klik 'Cek Penerima'
5. Status penerima pun akan ditampilkan
Perlu diketahui bahwa besaran dana bansos PIP ini diberikan sesuai dengan jenjang pendidikan. Dana PIP harus digunakan secara bijak untuk keperluan pendidikan seperti pembelian buku, seragam sekolah, alat tulis, atau biaya transportasi.
Berikut besaran dana bansos PIP yang akan diterima oleh siswa yang telah dinyatakan sebagai penerima bantuan:
Sekolah Dasar (SD)