Indomobil Gaet CHANGAN, Pasar Mobil Listrik Nasional Kedatangan Pemain Baru

Rabu 19 Nov 2025, 18:04 WIB
CHANGAN bekerja sama dengan Indomobil untuk memasuki pasar Indonesia. (Sumber: Dok CHANGAN)

CHANGAN bekerja sama dengan Indomobil untuk memasuki pasar Indonesia. (Sumber: Dok CHANGAN)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kehadiran pemain baru kembali mewarnai industri otomotif nasional. CHANGAN, produsen otomotif asal Tiongkok yang dikenal dengan pengembangan teknologi kendaraan listrik, memastikan kehadirannya di Indonesia melalui kerja sama dengan Indomobil Group.

Andrew Nasuri, Director of Indomobil Group, menyatakan, kehadiran CHANGAN di Indonesia bukan sekadar memperkenalkan sebuah merek otomotif baru, tetapi menghadirkan perspektif baru dalam mobilitas.

"Bersama CHANGAN Automobile, kami bertujuan menghadirkan solusi yang menggabungkan teknologi global dengan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan lokal, sehingga menciptakan pengalaman berkendara yang aman, efisien, dan terhubung," ujar dia dalam keterangan resminya, Rabu, 19 November 2025.

Sementara itu, Ye Pei, Senior Executive Vice President CHANGAN Automobile, menyebut Indonesia memiliki posisi strategis dalam perkembangan mobilitas hijau di Asia Tenggara.

Baca Juga: Ofero Tambah Warna Baru Stareer 3 Lit, Gandeng Seniman Lokal

"Melalui kemitraan kami dengan Indomobil Group, kami berkomitmen membangun fondasi yang kuat yang mencakup produk, teknologi, dan layanan berkelas dunia untuk mendukung transisi menuju elektrifikasi di Indonesia," tambah dia.

Dalam sepuluh tahun terakhir, CHANGAN tercatat menginvestasikan dana besar untuk pengembangan kendaraan listrik dan sistem berkendara cerdas.

Perusahaan memiliki jaringan riset yang tersebar di beberapa negara dan mengklaim telah menghasilkan ratusan inovasi terkait baterai, platform kendaraan digital, dan teknologi otonom.

Salah satu teknologi yang banyak disoroti adalah platform SDA yang dikembangkan secara independen. Platform ini menjadi dasar bagi beberapa model elektrifikasi yang diklaim dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna dan terus diperbarui secara digital.

CHANGAN menyebut komitmennya sejalan dengan target Indonesia menuju emisi nol bersih pada 2060. Perusahaan memastikan teknologi yang dibawanya akan menyesuaikan regulasi nasional terkait kendaraan listrik serta standar lingkungan yang berlaku.

Baca Juga: Merek Eksion Sudah Didaftarkan ke PDKI, Wuling Diduga Siapkan SUV Anyar

Dengan distribusi global di lebih dari 100 negara, CHANGAN menegaskan, bahwa setiap identitas produk akan tetap disesuaikan dengan karakter konsumen di masing-masing pasar, termasuk Indonesia yang memiliki kebutuhan mobilitas berbeda di tiap wilayah.

Indomobil dan CHANGAN berencana menampilkan dua model pertama mereka ke publik Indonesia pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Pameran tersebut menjadi momentum awal bagi CHANGAN untuk memperkenalkan portofolio produknya sekaligus menilai respons pasar.

Kehadiran merek ini diprediksi menambah pilihan kendaraan listrik di Tanah Air, terutama di segmen yang tengah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir.


Berita Terkait


News Update