Sejumlah kios elektronik di Harco Mangga Dua, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, tutup, Jumat, 14 November 2025. (Sumber: Poskota/Bilal Nugraha Ginanjar)

JAKARTA RAYA

Lebih Terjamin, Pelanggan Pilih Berbelanja Elektronik di Harco Mangga Dua

Jumat 14 Nov 2025, 20:46 WIB

SAWAH BESAR, POSKOTA.CO.ID - Harco Mangga, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, belum benar-benar kehilangan konsumen.

Salah seorang pelanggan, Gibran, 27 tahun, memilih berbelanja perangkat elektronik langsung di Harco Mangga. Hal tersebut untuk memastikan barang yang dibeli sesuai.

“Saya sih kenapa tetap milih offline. Karena penjual enggak bakal bohong sama kita,” kata Gibran di lokasi, Jumat, 14 November 2025.

‎Menurutnya, berbelanja langsung di toko lebih menguntungkan bagi pelanggan. Di tempat, pembeli bisa menguji barang sebelum dibawa pulang.

Baca Juga: Berkas Lengkap, Nadiem Segera Hadapi Sidang Tipikor Kasus Pengadaan Laptop Chromebook

‎“Pokoknya keuntungan offline adalah apa yang anda butuhkan itu akan anda dapatkan. Terus barang yang kita beli enggak akan dibohongin istilahnya. Karena face to face dengan penjual,” ucapnya.

Dengan demikian, barang yang dibeli bisa dipastikan layak pakai.

‎“Barang yang dibutuhkan pada saat kita butuh pasti ada. Terus juga kita enggak akan beli dua kali. Kelebihan offline itu,” ucapnya.

Di samping itu, ia juga menyoroti kondisi Harco Mangga sepi pelanggan. Sebelumnya, Harco Mangga merupakan pusat elektronik legendaris, karena menawarkan barang harga miring dan suku cadang lengkap.

Baca Juga: Perumda Pasar Jaya Jelaskan Penyebab Pusat Elektronik Glodok Sepi Pengunjung

‎"Yang sedih juga ngeliatnya semakin banyak kios yang tutup, apalagi di lantai atas ya. Kalau di bawah mah mending,” katanya.

Sementara itu, Muthia, 22 tahun, mendatangi Harco Mangga harmpir setiap tiga bulan sekali. Kedatangannya sebagian sering untuk perbaikan laptop.

‎“Saya memang kalau service laptop sering ke sini ketimbang di tempat yang lain, karena langganan juga ya, jadi percaya gitu,” ucap mahasiswa tingkat akhir itu.

‎Sebagai mahasiswa yang intens menggunakan laptop untuk tugas kuliah, kerusakan kecil kerap muncul, seperti keyboard error, laptop panas, hingga penyimpanan yang bermasalah.

‎“Karena penggunaan anak mahasiswa ya, pasti ada aja yang rusak,” tuturnya.

‎Salah satu alasan ia bertahan menjadi pelanggan adalah transparansi dan kecepatan layanan.

Baca Juga: Pasar LCGC Mulai Menggeliat, Calya Kuasai Penjualan Oktober 2025

‎“Terus juga di sini kan enak, kita bisa nungguin, terus bisa tahu juga harganya dan kualitas komponennya. Pasti bagus sih. Cepet juga service-nya, jadi gak perlu repot-repot nunggu lama, apalagi sekarang lagi ngerjain skripsi,” ujar dia.

‎Meski begitu, ia mengaku sedih melihat banyak kios kini tutup, terutama di lantai tiganya.

“Yah kalau ngeliat keadaan beberapa toko yang tutup kasihan juga ya. Dulu kata orang tua saya di sini rame. Saya juga service di sini karena rekomendasi dari orang tua,” ujar dia. (cr-4)

Tags:
Jakarta Pusatpusat elektronikHarco Mangga Dua

Tim Poskota

Reporter

Febrian Hafizh Muchtamar

Editor