JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Volkswagen ID. Buzz mencatat hasil penjualan wholesale positif sepanjang Januari hingga September 2025.
Berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), mobil listrik ikonik besutan Volkswagen itu berhasil membukukan distribusi sebanyak 137 unit dari pabrikan ke distributor atau dealer resmi di Indonesia.
Pencapaian tersebut menunjukkan adanya respons pasar yang cukup kuat terhadap kehadiran kendaraan listrik bergaya retro-modern ini, sejak pertama kali diperkenalkan di Tanah Air.
Meski belum menjadi volume terbesar di segmen kendaraan listrik, Volkswagen ID. Buzz dinilai memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggemar otomotif yang menghargai nilai historis dan karakter desain khas Volkswagen.
Menanggapi minat pasar terhadap ID. Buzz, Director Indomobil Group, Andrew Nasuri, menyebutkan bahwa konsumen mobil listrik ini memiliki karakter yang unik dan berbeda dari pasar kendaraan listrik kebanyakan.
“Jadi dari awal launching itu konsumen kami itu sangat unik. Dan konsumen yang sudah menunggu memang itu adalah konsumen yang sangat mengapresiasi heritage, historisnya, dan juga keeratan dari klub. Jadi, boleh banggakan di Indonesia bahwa ada klub yang sangat antusias sekali dengan brand Volkswagen. Yang dari awal, biarpun kami bukannya brand yang besar sekali di Indonesia,” ujar Andrew Nasuri.
Lebih lanjut Andrew menambahkan, semangat komunitas menjadi faktor penting dalam menjaga eksistensi merek Volkswagen di Indonesia.
“Tapi itu antusiasme luar biasa. Dan saya boleh banggakan dengan merek-merek lainnya ada di Indonesia itu entusiasmenya kalah. Gak ada yang kayak Volkswagen gini. Dan ya klub ini memang adalah partner yang utama kami yang bisa membawa brand ini terus mengusung di dunia ini,” lanjutnya.