Ilustrasi mekanik Auto2000 sedang melakukan perawatan rotasi ban untuk menjaga kondisi ban mobil. (Sumber: Dok Auto200)

OTOMOTIF

Agar Ban Mobil tak Cepat Habis, Ini Cara Rotasi dan Perawatannya yang Benar

Rabu 15 Okt 2025, 20:05 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banyak pemilik kendaraan kerap mengabaikan perawatan ban mobil karena kesibukan. Padahal, ban merupakan salah satu komponen vital yang menentukan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Salah satu masalah umum yang sering terjadi adalah keausan tidak merata pada telapak ban, meskipun secara kasat mata masih terlihat layak pakai.

Keausan semacam ini bisa menyebabkan daya cengkram ban berkurang dan meningkatkan risiko kehilangan kendali, terutama saat melewati jalan basah yang dapat memicu aquaplaning.

Untuk mencegah hal tersebut, salah satu langkah sederhana yang disarankan adalah melakukan rotasi ban secara rutin.

Baca Juga: Tingkat Penjualan Mobil Listrik dan Konvensional di Hyundai Promise Seimbang

Rotasi ban disarankan karena telapak ban bagian depan biasanya lebih cepat habis daripada ban belakang. Hal ini sering kali diakibatkan oleh rem depan yang bekerja lebih keras ketika pengereman.

Selain itu, pada mobil dengan penggerak roda depan, gerakan berbelok juga membuat penyaluran tenaga menjadi lebih besar.

Aturan Rotasi Ban Mobil

Sebagai contoh pada ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang. Ban depan sebelah kanan dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban depan sebelah kiri.

Beda dengan ban radial yang mempunyai pola telapak ban searah atau directional. Pemasangannya harus mengikuti arah putaran ban dan tidak boleh dibalik dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Jika dipaksakan, ban jadi berisik karena alur telapak ban terbalik. Tidak hanya itu, hal ini juga membahayakan karena pola telapak terbalik menurunkan traksi ban dan tidak akan optimal waktu membuang genangan air. Cukup rotasi antara ban depan dan belakang yang sejajar saja, misalnya antara ban depan kiri dan belakang kiri.

Mobil dengan Ban Cadangan Full Size

Berbeda dengan mobil yang memiliki ban serep full size. Ban cadangan pada jenis mobil ini dapat ikut dirotasi, seperti ganti ban belakang kanan dengan ban serep, selanjutnya ban serep pindah ke depan kiri untuk ban bias atau depan kanan untuk ban radial.

Baca Juga: 3 Tips Pilih Sepeda Listrik yang Tepat untuk Perempuan

Pada rotasi berikutnya, ban serep menggantikan ban belakang kiri untuk kemudian dirotasi sesuai jenis ban.

Jangan Lupa Spooring dan Balancing Ban

Fungsi spooring adalah untuk menyetel ulang kaki-kaki mobil setelah sekian lama digunakan. Pemakaian mobil dalam jangka waktu panjang bisa membuat penyimpangan pada roda akibat terjadi pergeseran pada komponen kaki-kaki.

Dampaknya akan berpengaruh pada kerja roda yang tidak seimbang dan berimbas pada telapak ban habis tidak merata. Kondisi ini juga membuat mobil tidak nyaman dan sulit dikendalikan sehingga berisiko membahayakan jika diabaikan.

Sementara balancing menyeimbangkan keempat roda agar putarannya seimbang sehingga ban mobil dapat berputar dengan baik dan menjaga kenyamanan penumpang. Kondisi roda dapat berubah mengingat kondisi jalan yang dilalui.

"Sesuai 3 pilar Life is Easy with Auto2000: Dekat, Nyaman, dan Lengkap, pelanggan juga bisa melakukan rotasi ban sembari servis berkala. Sehingga, kondisi ban akan selalu terjaga demi keamanan dan kenyamanan berkendara, kata Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, dalam siaran persnya, Rabu, 15 Oktober 2025.

Tags:
Perawatan Ban Mobilrotasi banbalancingspooringTips Otomotif

Erwan Hartawan

Reporter

Mohamad Taufik

Editor