POSKOTA.CO.ID - Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) milik ChatGPT menjadi salah satu AI yang paling banyak digunakan pengguna internet di dunia.
Lewat ChatGPT AI, orang-orang bisa lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan tugas yang dimiliki, termasuk membuat surat lamaran kerja.
Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang rapi dan profesional, orang-orang tak perlu lagi menulisnya secara mandiri, tapi bisa dengan hanya membuat prompt ChatGPT AI saja.
Cukup dengan menuliskan perintah atau prompt AI yang tepat, surat lamaran kerja yang menarik bisa langsung jadi hanya dalam waktu beberapa detik.
Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat melamar pekerjaan ke lowongan kerja yang sedang menjadi incaran mu.
Lantas, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang tepat dan prompt AI ChatGPT apa yang harus digunakan?
Baca Juga: Cara Buat CV Profesional untuk Kerja dengan ChatGPT
Contoh Prompt ChatGPT untuk Bikin Surat Lamaran Pekerjaan
Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menyusun prompt ChatGPT yang tepat, kamu bisa mencoba beberapa contoh di bawah ini.
1. Prompt Surat Formal Standar
“Buatkan surat lamaran kerja yang ditujukan kepada [Nama Perusahaan] pada tanggal [Tanggal]. Nama pelamar adalah [Nama Pelamar] yang melamar posisi [Posisi yang Dilamar]. Sertakan pengalaman kerja yang relevan yaitu [Pengalaman Kerja Singkat]. Buat surat dengan bahasa formal, sopan, dan format resmi.”
2. Prompt Surat Profesional dengan Penekanan Pengalaman
“Tolong buatkan surat lamaran kerja untuk posisi [Posisi yang Dilamar] di perusahaan [Nama Perusahaan], ditulis oleh [Nama Pelamar] pada tanggal [Tanggal]. Dalam surat, tolong tekankan pengalaman kerja saya yaitu [Pengalaman Kerja] yang relevan dengan posisi tersebut. Buatlah surat dengan gaya profesional, meyakinkan, dan terstruktur rapi.”