Update Terbaru! Format Jurnal Pembelajaran PPG 2025 Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen

Senin 11 Agu 2025, 21:28 WIB
Resmi Dirilis, Inilah Format Jurnal Pembelajaran PPG 2025 untuk Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Sumber: Pinterest)

Resmi Dirilis, Inilah Format Jurnal Pembelajaran PPG 2025 untuk Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Sumber: Pinterest)

Guru yang berpengalaman akan memilih model pembelajaran sesuai karakter siswa, bukan sekadar mengikuti modul.

4. Strategi Asesmen

Mencakup:

  • Asesmen formatif: dilakukan saat proses belajar (observasi, kuis singkat).
  • Asesmen sumatif: dilakukan di akhir (ujian, produk, proyek).
  • Instrumen: rubrik dengan kriteria jelas dan terukur.

5. Pelaksanaan Pembelajaran

Deskripsikan jalannya kegiatan secara naratif:

  • Bagaimana guru mengelola kelas.
  • Respon dan partisipasi siswa.
  • Intervensi yang dilakukan jika terjadi hambatan.

6. Refleksi Guru

Analisis berbasis data:

  • Apa yang berhasil?
  • Apa tantangannya?
  • Bagaimana rencana perbaikan?

7. Refleksi Peserta Didik

Rangkuman umpan balik siswa tentang pengalaman belajar.

"Insight: Umpan balik ini sering kali memberi pandangan segar yang tidak terpikirkan oleh guru.

Contoh Jurnal Pembelajaran PPG 2025 – Mata Pelajaran PJOK

Identitas Jurnal:
Modul: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen
Program: PPG Dalam Jabatan 2025
Nama Guru: Bambang
Sekolah: SMP Negeri 1 Sidomakmur
Mata Pelajaran: PJOK
Kelas/Semester: VIII/Genap
Tanggal Pembelajaran: 8 Agustus 2025

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa mampu mempraktikkan teknik passing dan shooting bola basket dengan benar.
  2. Siswa mampu bekerja sama menyusun strategi permainan.
  3. Siswa menunjukkan sportivitas dan menghargai lawan.

Perencanaan Pembelajaran Mendalam:

  • Model: Project-Based Learning (Proyek Mini Game Bola Basket).
  • Pendahuluan: Guru memotivasi siswa dengan video teknik passing profesional.
  • Kegiatan Inti: Latihan teknik passing dan shooting, diskusi strategi, mini game antar tim.
  • Penutup: Refleksi bersama.
  • Profil Pelajar Pancasila: Bergotong royong, Bernalar kritis.

Strategi Asesmen:

  • Formatif: Observasi teknik passing saat latihan.
  • Sumatif: Penilaian performa mini game menggunakan rubrik skala 1–4.

Pelaksanaan Pembelajaran:
Kegiatan berlangsung aktif. Guru memberi koreksi teknik, siswa terlihat antusias.

Refleksi Guru:

  • Keberhasilan: Partisipasi penuh siswa.
  • Tantangan: Fokus awal yang rendah.
  • Perbaikan: Variasi pemanasan.

Berita Terkait


News Update