POSKOTA.CO.ID - Beberapa vdi antara kamu mungkin merasa heran dengan nama Rohana dan Rojali yang viral di platform TikTok.
Baru-baru ini, nama Rohana dan Rojali mendadak menjadi perbincangan hangat sejumlah pengguna media sosial TikTok.
Kedua sosok ini sama-sama dikaitkan dengan pusat perbelanjaan. Hal ini lah yang membuat semakin banyak orang merasa kebingungan dengan sebutan Rohana dan Rojali.
Baik Rohana dan Rojali kabarnya adalah dua sosok yang sering mengunjungi pusat perbelanjaan.
Lalu, siapakah sosok tersebut dan apa maksudnya hingga menjadi sorotan netizen?
Awal Mula Muncul Sebutan Rohan dan Rojali
Istilah Rohana dan Rojali mulanya muncul setelah adanya pernyataan yang dilontarkan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja.
Dalam video yang diunggah akun TikTok @madiunwisata, Alphonzus memberikan pernyataan soal kebiasaan pengunjung pusat perbelanjaan.
Alphonzus menyebut jika saat ini ada fenomena banyaknya pengunjung datang ke pusat perbelanjaan tanpa melakukan pembelian atau transaksi di sana.
Baca Juga: Profil Bintang Emon, Komika Berprestasi yang Walk Out saat Live Streaming dengan Bigmo TikTok
Menurut Alphonzus p, hal tersebut sebenarnya cukup wajar dalam dinamika sistem transaksi konvensional yang memang memberikan peluang bagi banyak orang untuk melakukan interaksi terbuka secara luas.
Walaupun tidak berdampak langsung pada transaksi, Alphonzus menilai bahwa fenomena ini tetap penting dalam peningkatan lalu lintas pengunjung pusat perbelanjaan.
Di sisi lain, banyak tenant atau penjual yang mengeluhkan fenomena ini karena para pengunjung hanya sekedar bertanya mengenai produk yang dijual tanpa ada niat membeli.
Dari sini lah kemudian mulai muncul istilah Rohana dan Rojali yang dikaitkan dengan fenomena pengunjung yang datang ke mall tanpa melakukan transaksi.
Siapa Rohana dan Rojali?
Mungkin banyak yang bertanya-tanya, lalu apa maksud Rohana dan Rojali yang dikaitkan dengan fenomena kedatangan pengunjung di pusat perbelanjaan?
Sebagai informasi, Rohana dan Rojali adalah sebutan bagi orang-orang yang datang ke pusat perbelanjaan tanpa membeli produk.
Rohana adalah singkatan dari "Rombongan Hanya Nanya", yakni kelompok orang yang bisanya hanya bertanya soal sebuah produk tapi tidak berniat membelinya.
Sementara itu, Rojali adalah singkatan dari "Rombongan Jarang Beli", yaitu kelompok orang yang datang ke toko dan hanya melihat-lihat tanpa membeli produk.