POSKOTA.CO.ID - Tuner kenamaan Novitec melakukan penyempurnaan pada Ferrari SF90 XX Stradale, dengan menyetel ulang sistem suspensi agar lebih agresif serta menambahkan elemen visual sporty tanpa mengorbankan aspek aerodinamika dan downforce tinggi bawaan mobil.
Powertrain plug-in hybrid dengan mesin V8 kini menghasilkan total tenaga sebesar 1.045 dk, berkat penggunaan sistem knalpot hasil racikan Novitec.
Komponen ini dirancang agar mesin dapat bernapas lebih lega, menggunakan material ringan seperti baja tahan karat atau Inconel, logam paduan yang umum dipakai di dunia balap.
Knalpot canggih ini dilengkapi dengan katalis 100 sel, yang membuat SF90 tetap sesuai dengan standar emisi tanpa mengorbankan performa.
Novitec menyebut bahwa sistem ini tidak hanya mempertahankan tenaga, tetapi juga menghasilkan suara mesin yang lebih agresif.
Dari knalpot saja, ada tambahan output sebesar 29 dk untuk mesin pembakaran internalnya, yang kini menghasilkan 816 dk.
Jika dikombinasikan dengan motor listrik hybrid yang tidak diubah, total daya tetap berada di angka 1.045 dk.
Sistem pembuangan ini juga diklaim memiliki isolasi termal yang lebih unggul dibanding versi standar, sehingga suhu di ruang mesin dapat ditekan dan performa tetap stabil dalam berbagai kondisi.
Sebagai tambahan, Novitec juga menawarkan pelindung panas berlapis emas sebagai opsi, guna memberikan perlindungan panas yang lebih optimal.
Baca Juga: Diogo Jota Tewas dalam Kecelakaan, Ini Detail Lamborghini Huracan Evo Spyder yang Dikendarainya
Tak hanya fokus pada tenaga, suspensi juga mendapatkan sentuhan khusus. Pegas yang dirancang ulang menurunkan ketinggian mobil sekitar satu inci, menurunkan titik gravitasi dan meningkatkan pengendalian secara keseluruhan.
Selain itu, Novitec menggandeng produsen pelek asal AS, Vossen, untuk menghadirkan tiga pilihan desain roda berbeda.
Kombinasi pelek depan 20 inci dan belakang 21 inci dirancang guna menyempurnakan tampilan SF90 XX Stradale.
Meski sektor visual mengalami perubahan kecil, aerodinamika standar dari pabrik tetap dipertahankan.
Aero kit asli Ferrari seperti splitter depan dan penutup sepatbor belakang model Gurney masih digunakan, memberikan gaya tekan ke bawah yang optimal pada kecepatan tinggi, termasuk saat mobil dipacu hingga 250 km/jam.