Tol Getaci Mandek di Tengah Jalan, Kenapa Pembangunannya Gagal Sampai Cilacap?

Rabu 02 Jul 2025, 11:16 WIB
Ini Alasan Proyek Tol Getaci Tak Kunjung Selesai hingga Cilacap pada 2026 (Sumber: Pinterest)

Ini Alasan Proyek Tol Getaci Tak Kunjung Selesai hingga Cilacap pada 2026 (Sumber: Pinterest)

Pembangunan jalan tol skala besar seperti Getaci tidak hanya bergantung pada ketersediaan dana, tetapi juga kesiapan pembebasan lahan. Berikut tahapan yang sudah direncanakan:

Seksi 1 (Junction Gedebage–Garut)

  • Pembebasan lahan: Januari 2021–Oktober 2022
  • Konstruksi: Mulai April 2022
  • Target operasi: Juli 2024

Seksi 2 (Garut Utara–Tasikmalaya)

  • Proses pengadaan lahan menyesuaikan kesiapan administrasi daerah dan kesiapan lelang

Seksi 3 dan Seksi 4 (Tasikmalaya–Cilacap)

  • Pembebasan lahan: 2026–2027
  • Konstruksi fisik: April 2027–pertengahan 2029
  • Target operasi penuh: Juli 2029

Dengan skenario baru, ruas Patimuan–Cilacap menjadi prioritas tahap kedua pembangunan setelah seksi pertama dan kedua rampung.

Urgensi Proyek dan Dampak Ekonomi

Tol Getaci bukan sekadar proyek jalan tol biasa. Kehadirannya diharapkan dapat mendukung:

  • Pertumbuhan sektor logistik wilayah selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah
  • Distribusi komoditas perkebunan, pertanian, dan industri rumah tangga
  • Penyerapan tenaga kerja lokal saat konstruksi dan operasi
  • Akses yang lebih cepat menuju pusat pertumbuhan baru di Cilacap dan kawasan pesisir selatan

Menurut analisis pemerintah, Tol Getaci mampu memangkas waktu tempuh Bandung–Cilacap hingga lebih dari 50% dibandingkan jalur nasional saat ini.

Hambatan dan Tantangan Implementasi

Proyek raksasa ini juga memiliki tantangan:

  • Topografi: banyak melintasi perbukitan dan kawasan rawan longsor
  • Sosial: kompleksitas pembebasan lahan di wilayah padat penduduk
  • Investasi: kebutuhan modal jumbo di atas Rp 50 triliun jika seluruh seksi dikerjakan serentak

Karena itu, skema bertahap menjadi solusi realistis, sembari memastikan investor memiliki kepastian hukum dan regulasi pendukung.

Dukungan Regulasi dan Rencana Strategis Nasional

Selain masuk PSN, Tol Getaci juga dipayungi kebijakan lain:

  • Perpres Nomor 109/2020 tentang Proyek Strategis Nasional
  • Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024
  • Peraturan Menteri PUPR terkait tata cara pengadaan tanah dan kerja sama KPBU

Baca Juga: Pendaftaran SPMB SMP Buleleng 2025 Jalur Domisili Dibuka, Catat Syarat dan Jadwalnya

Harapan Masyarakat dan Pemerintah

Masyarakat di Garut, Tasikmalaya, hingga Cilacap menaruh harapan besar. Warga berharap pembangunan tidak hanya menjadi janji politis, tetapi dapat terealisasi sesuai target.


Berita Terkait


News Update