Ilustrasi - Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025. (Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Nasional

Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 Tertentu bagi Guru Daljab: Materi Teaching at The Right Level

Selasa 17 Jun 2025, 17:14 WIB

POSKOTA.CO.ID - Simak dalam artikel ini kumpulan kunci jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 tertentu bagi guru dalam jabatan (Daljab).

Para peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) harus menyelesaikan setiap soal dalam Modul 1 dan modul lainnya.

Serangkaian soal ini diberikan kepada para guru peserta PPG Tertentu guru Daljab untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan guru terkait topik-topik yang terdapat dalam modul.

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 1 Post Test PPG Daljab Guru Tertentu 2025: Bahan Evaluasi Akhir

Pada Modul 1 Topik 3 PPG 2025 materi yang dibahas mengenai pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam proses pembelajaran.

Materi ini berfokus pada pendekatan untuk mengelompokkan siswa sesuai kemampuan mereka agar lebih mudah memberikan pembelajaran yang dibutuhkan.

Pendekatan ini membuat proses pembelajaran  menjadi lebih efektif sehingga siswa mampu menyerap materi lebih baik.

Ada sekitar sepuluh soal dalam Modul 3 Topik 1 PPG 2025 yang harus diselesaikan oleh para peserta.

Baca Juga: Cara Unggah SPTJM PPG Tertentu untuk Guru Daljab 2025, Akses Info GTK

Bagi peserta yang masih kesulitan dan ingin mendapatkan gambaran pertanyaan dari soal-soal yang diberikan, simak ulasan di bawah ini.

Pertanyaan dan Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025

Berikut ini sejumlah pertanyaan dan kunci jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 Daljab bagi guru tertentu.

1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik
B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik
C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam
D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik
E. Pembelajaran sesuai dengan kepribadian peserta didik
Jawaban: C

2. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik
B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik
C. Mendapatkan data keluarga peserta didik
D. Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik
E. Mendapatkan data prestasi peserta didik
Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PPG 2025: Kolaborasi Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Positif

3. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang
B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang
C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat
D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang beragam
E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan  kemampuan peserta didik
Jawaban: D

4. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali...
A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik
B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik
C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan
D. Merencanakan jadwal, lokasi, dan waktu asesmen
E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran
Jawaban: B

5. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan
D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran
E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemulihannya disesuaikan dengan kebutuhan
Jawaban: E

6. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk hal-hal berikut ini, kecuali...
A. Menentukan tujuan pembelajaran
Informasi penting disajikan secara kronologis
B. Menentukan pengelompokan peserta didik
C. Menentukan aktivitas pembelajaran
D. Menentukan media pembelajaran
E. Menentukan sumber belajar
Jawaban: A

7. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi prasyaratnya. Hal yang perlu dilakukan Pak Panji adalah...
A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belaajr terkait topik prasyarat ini
B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik
D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengira-ngira kebutuhan peserta didik
E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik
Jawaban: B

8. Sebagai guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun, pada pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang muncul dari setiap kelompok. Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah...
A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran
B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum
D. Semua benar
E. Semua salah
Jawaban: B

9. Diberikan langkah-langkah berikut ini:
1) Menentukan tujuan pembelajaran
2) Melakukan asesmen awal kemampuan awal
3) Melakukan asesmen sumatif
4) Merancang kegiatan pembelajaran
5) Mempersiapkan sistem pendukung pembelajaran
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah...
A. 1-2-4
B. 1-3-5
C. 4-3-2
D. 1-2-3
E. 3-4-5
Jawaban: A

10. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian. Ia mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran karena kurang menguasai materi prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah tersebut, kecuali...
A. Mengembangkan diferensiasi konten
B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran
C. Menerapkan asesmen awal kognitif
D. Merumuskan diferensiasi asesmen formatif
E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek
Jawaban: C

Tags:
Pendidikan Profesi Guru PPG DaljabPPG 2025PPGkunci jawaban Modul 1 Topik 3

Kamila Sayara Avicena

Reporter

Kamila Sayara Avicena

Editor