Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3 PPG 2025. (Sumber: Freepik)

Nasional

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3 PPG 2025: Kode Etik Guru

Sabtu 14 Jun 2025, 15:41 WIB

POSKOTA.CO.ID - Temukan kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 di bawah ini.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 menempatkan penguatan nilai-nilai etika profesi sebagai fondasi utama pembentukan karakter guru.

Salah satu topik penting dalam Modul 3 Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) adalah "Kode Etik Guru: Apakah Perilaku Guru Sebagai Pendidik Perlu Diatur?"

Untuk membantu peserta dalam memahami materi ini secara lebih mendalam, berikut disajikan kunci jawaban latihan pemahaman yang dapat dijadikan acuan belajar.

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 2 PPG 2025: Strategi Internalisasi Nilai Pendidikan Nasional

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3 PPG 2025

Materi Apa Perlunya Kode Etik Profesi Untukku?

1. Alasan mengapa perlu ada kode etik untuk setiap profesi antara lain adalah untuk: menjamin integritas dengan membantu memastikan bahwa anggota profesi bertindak dengan jujur, adil, dan bertanggung jawab, membangun kepercayaan publik dengan menunjukkan komitmen terhadap standar tinggi, mengatur perilaku profesional dengan adanya pedoman, serta untuk melindungi pihak yang dilayani. Sebutkan alasan lain perlunya kode etik profesi?

A. Untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dengan adanya pedoman etika, tindakan yang merugikan atau melanggar aturan dapat dicegah.

B. Sebagai standar prosedur yang harus dilakukan oleh setiap individu dengan profesi tersebut.

C. Untuk memudahkan pemerintah mengendalikan pekerjaan yang dilakukan setiap orang di lembaga yang berbeda.

Kunci Jawaban: A

Materi Apa Etika Dasar yang Harus Dijunjung Guru sebagai Pendidik?

1. Apa yang mungkin terjadi apabila tidak ada panduan untuk berperilaku bagi profesi tertentu?

A. Setiap individu memiliki kebebasan untuk mengambil tindakan sesuai dengan prosedur standar yang telah ditetapkan.

B. Setiap individu memiliki kewenangan untuk menetapkan imbalan yang didapat atas jasanya.

C. Peluang terjadinya persaingan antar individu dalam profesinya yang sama untuk mendapatkan klien sebanyak-banyaknya.

D. Peluang munculnya konflik baik antara rekan satu profesi maupun dengan pihak-pihak yang menggunakan jasa profesi tersebut.

Kunci Jawaban: D

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 2 Topik 2 PPG 2025: Membangun Hubungan Guru dan Murid Lebih Dekat dengan Empati Emosional di Sekolah

2. Apa tujuan sekolah yang berkaitan dengan nilai-nilai moral, sesuai dengan 8 tujuan sekolah yang dirumuskan oleh Dewan Konsultatif Pendidikan di Sekolah pada tahun 1977?

A. Membantu anak-anak mengembangkan pemikiran yang hidup dan penuh rasa ingin tahu; memberi mereka kemampuan untuk bertanya dan berargumen secara rasional, dan menyikapi semua tugas yang diberikan

B. Menanamkan rasa hormat terhadap nilai-nilai moral, terhadap orang lain dan terhadap diri sendiri, serta toleransi terhadap ras, agamaan cara hidup lain

C. Membantu anak-anak memahami dunia tempat kita tinggal, dan saling ketergantungan negara-negara.

Kunci Jawaban: B

3. Apa yang dimaksud dengan prinsip altruisme dalam kode etik guru?

A. Menghormati hakikat ilmu dan batang tubuh pengetahuan; hal ini mencakup metodologi bagaimana pengetahuan diperoleh, proses penyelidikan, pembuktian, dan pengujian kebenaran

B. Membedakan dan menghormati kepentingan orang yang diajar; hal ini berarti menempatkan kepentingan-kepentingan tersebut di atas kepentingan mereka sendiri

C. Mengakui saling ketergantungan sosial; hal ini berarti menghindari dan mencegah eksploitasi terhadap satu individu atau kelompok

D. Menghormati keluarga dan keadaan sosial orang yang diajar.

Kunci Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PPG 2025: Pentingnya Memahami Gaya Belajar Peserta Didik

Materi Apa yang Dapat Aku Lakukan sebagai Guru?

1. Apa yang menjadi tanggung jawab guru dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan sesuai kode etik guru?

A. Menghormati keluarga dan keadaan sosial orang yang diajar.

B. Melaksanakan dan menerima tanggung jawab atas pengaruh yang mungkin bersifat jangka panjang.

C. Menghormati dan bekerjasama dengan rekan kerja profesional, serta menerima tugas untuk bekerja sama demi kepentingan mereka yang diajar.

D. Kesediaan untuk mengakui bahwa seseorang mungkin salah dalam kaitannya dengan pengetahuan dan perilaku.

Kunci Jawaban: C

2. Apa yang dimaksud dengan prinsip intellectual integrity atau integritas intelektual dalam kode etik guru?

A. Menghormati dan bekerja sama dengan rekan kerja profesional, serta menerima tugas untuk bekerja sama demi kepentingan mereka yang diajar

B. Menunjukkan kemandirian pikiran dan tindakan termasuk kesediaan untuk mengajarkan materi pelajaran atau menggunakan metode yang tidak populer

C. Menghormati hakikat ilmu dan batang tubuh pengetahuan; hal ini mencakup metodologi bagaimana pengetahuan diperoleh, proses penyelidikan, pembuktian, dan pengujian kebenaran

Kunci Jawaban: C

Materi Mari Kita Junjung Kode Etik Guru

1. Kode etik Guru yang tercantum Pasal 7 huruf G Permendikbud Ristek nomor 67 tahun 2024 menyebutkan bahwa Guru memiliki tanggungjawab terhadap 6 unsur. Apa saja unsur yang menjadi tanggungjawab guru?

A. Sekolah, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan peraturan perundang-undangan.

B. Profesi, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan peraturan perundang-undangan.

C. Sekolah, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan negara.

D. Profesi, perguruan tinggi, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik

Kunci Jawaban: B

2. Apa tanggungjawab guru kepada profesi sesuai Permendikbudristek no. 67 tahun 2024?

A. Memberikan keteladanan dan menumbuhkembangkan sikap bangga dan cinta tanah air

B. Menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab

C. Menjaga sikap kebersamaan, menjalin hubungan profesional, kesetiakawanan dan empati antar sesama rekan seprofesi

D. Mengedepankan musyawarah untuk mufakat, memiliki motivasi, serta menjaga harkat dan reputasi profesi

E. Menegakkan prinsip keadilan, keberagam, toleransi, fasilitatif

Kunci Jawaban: D

Materi Telaah Kasus Pelanggaran Kode Etik

Pelanggaran kode etik apa yang dilakukan oleh Pak Dudung pada kasus tersebut?

A. Integritas intelektual

B. Integritas Kejuruan

C. Altruism

D. Imparsiglitas

Kunci Jawaban: D

Materi Kode Etik dalam Kerangka Pendidikan Nilai

1. Apa tanggungjawab guru kepada rekan sesama guru sesuai Permendikbudristek no. 67 tahun 2024? 

A. Menjaga sikap kebersamam, menjalin hubungan profesional, kesetiakawanan dan empeantar sesama rekan seprofesi 

B. Mengedepankan musyawarah untuk mufakat, memiliki motivasi, serta menjaga harkat dan reputasi profesi 

C. Menegakkan prinsip keadilan, keberagaman, toleransi, fasilitatif, dan akomodatif 

D. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman, menyenangkan, bersikap objektif, terbuka, edukatif, dan saling menciharclai 

Kunci Jawaban: A

Materi Mari Lakukan Aksi Nyata

1. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh guru berdasarkan Permendikbudristek no. 67 tahun 2024? 

A. Berpartisipasi dalam organisasi profesi untuk menyuarakan kepentingan guru 

B. Ikut dalam politik praktis, politik transaksional, dan terafiliasi dengan partai politik 

C. Melakukan pekerjaan sampingan diluar tugas mengajar untuk mendapatkan tambahan penghasilan 

D. Memberikan tambahan belajar di luar jam sekolah untuk siswa yang membutuhkan.

Kunci Jawaban: B

Disclaimer: Kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) Topik 3: Kode Etik Guru ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengikuti PPG 2025 untuk mengerjakan di Ruang GTK. Soal dan nomor mungkin akan keluar berbeda.

Tags:
Pendidikan Profesi Guru Latihan Pemahaman Modul 3Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3 PPG 2025Latihan Pemahaman PPGKode Etik GuruFPPN Modul 3PPG 2025

Muhammad Faiz Sultan

Reporter

Muhammad Faiz Sultan

Editor