Diskusi terkait strategi digital dalam menjangkau pasar online saat acara "UMKM Naik Kelas: Bangun Strategi Digital, Rancang Konten, dan Taklukkan Pasar Online”. (Sumber: Dok. PLN UID Jakarta Raya)

EKONOMI

PLN Dukung UMKM Naik Kelas Melalui Strategi Digital

Jumat 23 Mei 2025, 18:18 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melalui Hub UMK Jakarta Raya berkolaborasi dengan Tempo Media Group dalam menyelenggarakan pelatihan bertajuk “UMKM Naik Kelas: Bangun Strategi Digital, Rancang Konten, dan Taklukkan Pasar Online”.

Kegiatan yang berlangsung pada, Rabu, 22 Mei 2025 di Gedung Tempo Media Group, Palmerah, yang diikuti oleh 50 pelaku UMKM ini menjadi wujud nyata komitmen PLN UID Jakarta Raya dalam mendukung transformasi digital UMKM.

Para peserta mendapatkan pembekalan langsung dari praktisi industri media, Erwin Daniel P, yang membahas strategi branding, perencanaan konten, hingga cara menjangkau pasar digital secara efektif. Selain itu, peserta juga memperoleh langganan gratis Tempo digital selama tiga bulan sebagai bentuk dukungan terhadap literasi digital.

Baca Juga: Tinggal 5 Hari, Begini Cara Aktivasi Rekening PIP 2025

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Moch. Andy Adchaminoerdin, menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat daya saing UMKM di era digital.

"Kami percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Melalui pelatihan ini, kami ingin memastikan mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan bersaing di era digital," ungkapnya.

Ia menambahkan, PLN UID Jakarta Raya melalui Hub UMK Jakarta Raya akan terus memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem UMKM yang tangguh, inklusif, dan berdaya saing tinggi. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi.

Manager Operasional dan Program Hub UMK Jakarta Raya, Tiara Yunanda Putri, menjelaskan bahwa pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan profesionalisme pelaku UMKM dalam mengelola usahanya.

Baca Juga: Kapan Idul Adha 2025? Kemenag Akan Tetapkan melalui Sidang Isbat 27 Mei

"Pelatihan ini agar UMKM mampu mengemas usahanya secara lebih profesional, tidak hanya dari sisi tampilan tetapi juga dalam membangun kepercayaan pelanggan lewat narasi dan konten yang kuat," ujarnya.

Niken, 35 tahun, pemilik Brand Goodie Juice, mengapresiasi kegiatan ini. "Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat aplikatif dan relevan, membantu kami mengasah ilmu serta strategi dalam mengembangkan usaha ke depan,” ungkap Niken.

Tags:
transformasi digitalUMKM Naik KelasPLN

Guruh Nara Persada

Reporter

Firman Wijaksana

Editor