POSKOTA.CO.ID - Penggunaan pinjaman online yang sangat praktis telah menjadi salah satu opsi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapat pinjaman.
Namun tidak sedikit peminjaman dana yang dilakukan berujung pada gagal bayar atau galbay, dimana pengguna tidak mampu membayarr utang.
Biasanya ketika galbay, pihak pinjol akan melakukan penagihan kepada nasabah untuk segera melunasi utang.
Uniknya, banyak di antaranya yang tidak langsung ditelepon atau didatangi oleh debt collector (DC) lapangan, meski telah melewati tanggal jatuh tempo.
Baca Juga: Punya Masalah Kredit Macet Pinjol? Hindari Sekarang Juga dengan 3 Tips Ini
Galbay Pinjol Tapi Tak Langsung Ditagih DC?
Ketika galbay dan tidak ada pihak aplikasi yang menghubungi menjadi pertanyaan tersendiri bagi pengguna. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut adalah beberapa alasan rasional yang mendasari fenomena tersebut.
1. Kebijakan Internal Perusahaan Pinjol
Setiap perusahaan pinjol memiliki strategi penagihan yang berbeda. Umumnya, mereka memberikan masa tenggang (grace period) beberapa hari sebelum mengambil langkah penagihan aktif.
Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada nasabah agar bisa menyelesaikan kewajiban tanpa terkena penalti.
Selain itu, perusahaan juga mengelompokkan nasabah berdasarkan profil risiko.
Peminjam dengan jumlah keterlambatan kecil atau baru pertama kali telat sering kali tidak langsung diprioritaskan untuk ditelepon oleh tim penagihan atau DC lapangan.
Baca Juga: Balas Chat WhatsApp DC Pinjol Terus-Terusan? Waspadai 7 Dampak Buruk Ini