Pada kesempatan kali ini, Poskota bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi pengguna untuk menghapus data pribadi mereka saat mengalami galbay pinjol.
Berikut ini beberapa tips langkah-langkah menghapus data pribadi di aplikasi pinjaman online legal berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun ilegal:
1. Masuk ke Akun Pinjol
Akses aplikasi pinjaman online dan masuk ke akun Anda menggunakan informasi data yang valid dan telah didaftarkan sebelumnya.
2. Cari Menu Pengaturan atau Akun
Temukan bagian pengaturan, akun, atau profil di aplikasi. Biasanya, ini bisa ditemukan di menu utama atau di bagian profil pengguna.
3. Temukan Opsi Penghapusan Data
Cari opsi yang memungkinkan Anda untuk menghapus akun atau data pribadi. Ini bisa disebut sebagai "Hapus Akun", "Hapus Data", atau "Pengaturan Privasi".
4. Ikuti Prosedur Penghapusan
Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menghapus data. Ini bisa melibatkan konfirmasi identitas Anda dan memberikan alasan untuk penghapusan.
5. Hubungi Dukungan Pelanggan
Jika opsi penghapusan data tidak tersedia di aplikasi, hubungi layanan dukungan pelanggan aplikasi untuk meminta penghapusan data secara manual.
6. Verifikasi Penghapusan
Pastikan Anda mendapatkan konfirmasi bahwa data Anda telah dihapus. Beberapa aplikasi mungkin mengirimkan email atau notifikasi untuk mengonfirmasi proses tersebut.
7. Hapus Aplikasi dari Perangkat
Setelah data dihapus, pastikan untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda untuk memastikan tidak ada sisa data yang tersimpan.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.