JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penyaluran saldo dana bansos Program Indonesia Pintar (PIP) diberikan pada siswa yang telah lolos verifikasi dan memiliki nomor induk siswa nasional (NISN).
Siswa penerima manfaat bisa langsung cek rekening penyalur seperti Bank BRI dan BNI serta lakukan klaim saldo dana bantuannya.
Bansos PIP ini merupakan inisiatif dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai upaya mencegah peserta didik putus sekolah dan bisa menarik siswa putus sekolah untuk meneruskan pendidikan hingga tamat jenjang menengah.
Dalam rancangannya, Kemdibudristek akan memberikan saldo dana gratis yang menjadi bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik.
Adanya dana bantuan tersebut, diharapakan bisa membantu biaya pendidikan setiap peserta didik di seluruh Indonesia mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).
Menurut data dari Kemdikbudristek, penyaluran saldo dana PIP ini akan diberikan pada 18,6 juta siswa dengan mengikut data dari DTKS yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).
Lebih lanjut, syarat penerima bantuan PIP ini menyasar siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau berasal dari keluarga penerima manfaat (KPM) bansos PKH.
Nantinya siswa penerima manfaat yang telah lolos verifikasi akan diberikan SK Nominasi dan berlanjut diberikan SK Pemberian sebagai bukti untuk pencairan dana yang diberikan oleh pemerintah itu.
Cara Cek Status Pencairan PIP
Untuk mengecek status pencairan bansos PIP, orang tua siswa bisa mengikut langkah-langkah ini:
- Masuk ke halaman pip.kemdikbud.go.id
- Isi data nomor induk kependudukan (NIK) dan NISN di kolom yang tersedia
- Masukkan hasil penjumlahan dari kode verifikasi dan isi di kolom yang tersedia
- Kemudian tekan menu ‘Cek Penerima PIP’
- Setelah masuk dalam halaman pengecekan, orang tua siswa bisa melanjutkan tahapan ini:
- Pilih menu penyaluran dan tekan menu ‘Pemberian Nasional’
- Lihat daftar provinsi dan masukkan sesuai data penerima manfaat, contohnya ‘DKI Jakarta’
- Masukkan data lengkap seperti nama kabupaten dan kecamatan
- Lalu, lihat data sekolah serta siswa yang telah mendapatkan SK Pemberian
- Terakhir, bila daftar sekolah siswa penerima manfaat sudah masuk tahap pencairan, orang tua siswa bisa langsung menghubungi pihak sekolah atau segera mencairkan dana bantuan di rekening milik siswa
Cara Aktivasi Rekening Penerima PIP
Berikut ini cara untuk aktivasi rekening penerima manfaat, antara lain:
- Mendatangi bank penyalur sesuai dengan jenjang peserta seperti Bank BRI, BNI dan BSI
- Bawa surat keterangan penerima PIP dari sekolah
- Membawa identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua wali dan Kartu Pelajar siswa
- Mengisi formulir rekening simpanan pelajar (SimPel)
Biasanya setelah terbitnya SK Pemberian, saldo dana gratis dari pemerintah ini akan cair sekira 2-3 minggu.