Penjualan Suzuki Naik

Kamis 15 Mar 2018, 06:25 WIB

JAKARTA- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menorehkan kinerja positif sepanjang 2017, baik dari sisi penjualan domestik maupun ekspor. Secara wholesales penjualan Suzuki naik 20 persen menjadi 111.660 unit pada 2017, dibandingkan tahun sebelumnya 92.950 unit. Untuk 2018 pihaknya menargetkan 11 persen dari tahun sebelumnya. Pencapaian ini membuat PT SIS membukukan kenaikan penjualan signifikan dibandingkan penjualan wholesales mobil nasional yang hanya tumbuh 1,6 persen sebesar 1.079.308 unit pada tahun ini. Atas hasil ini, pangsa pasar wholesales Suzuki meningkat dari 8,75 persen menjadi 10,35 persen. ”Hasil kinerja yang baik ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh bagian Suzuki Indonesia dan juga respons positif dari masyarakat Indonesia pascapeluncuran beberapa model baru. Seperti SUV lgnis, Suzuki Baleno dan Suzuki New SX4 S-Cross,” ujar 4W Deputy Managing Director PT SlS, Setiawan Surya di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (7/3/2018). Di segmen yang paling ketat persaingannya, yakni low MPV Suzuki Ertiga masih menjadi pilihan konsumen di Indonesia. Hal ini terbukti dari naiknya penjualan Suzuki Ertiga selama 2017, dari 32.119 unit menjadi 35.338 unit. Kenaikan penjualan ini menyebabkan pangsa pasar naik dari 13.496 menjadi 14,5 persen pada 2017. Suzuki juga mencetak penjualan tinggi di segmen LCGC (low cost green car). Penjualan wholesale Suzuki Karimun Wagon R pada 2017 mencapai 5.408 unit. Pihak SIS bakal meluncurkan produk 5 mobil dalam tahun 2018. Seperti diketahui, Awal tahun di roda empat SIS telah meluncurkan dua produk Suzuki Ignis Versi Sport dan Mega Carry Pickup. MOTOR 27 PERSEN Sementara itu untuk segi penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 27% secara keseluruhan. Sebagai catatan, hasil ini ditorehkan saat pasar roda dua nasional turun 0,8%. Berkat kehadiran GSX-R150 dan GSX-S150. Terbukti Sepanjang tahun 2017, Suzuki mampu mencatatkan penjualan wholesales sebesar 72.191 unit dengan pangsa pasar 1,2%. Meningkat dibandingkan tahun lalu yang menyentuh angka 56.284 unit. Sales & Marketing 2W Departement Head PT SIS, Yohan Yahya mengatakan peningkatan penjualan ini tidak terlepas dari dari penambahan model baru, seperti GSX-R150 dan GSX-S150. Keduanya mampu mencatatkan penjualan tertinggi untuk Suzuki. “Tahun 2017, merupakan tahun kebangkitan kami. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan konsumen setia Suzuki atas produk terbaru kami. Peluncuran sport bike GSX-R150 menjadi kuncinya,” ungkap Yohan Yahya. (adji/ds)


News Update