Gran Max menjadi kontributor terbesar Daihatsu di bulan Oktober 2025. (Sumber: Daihatsu)

OTOMOTIF

Jelang Akhir Tahun, Penjualan Daihatsu Naik 7 Persen Berkat Segmen Komersial

Sabtu 15 Nov 2025, 09:00 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Menjelang akhir 2025, Daihatsu kembali memperkuat posisinya sebagai merek mobil dengan penjualan ritel terbesar kedua di Indonesia.

Sepanjang Oktober 2025, Daihatsu mencatat penjualan ritel sebanyak 12.196 unit, meningkat 7 persen dibandingkan September yang berjumlah 11.390 unit.

Kenaikan penjualan tersebut didorong oleh sejumlah model yang selama ini menjadi penyokong utama, terutama dari segmen commercial low. Gran Max Pick Up menjadi kontributor terbesar dengan 4.436 unit atau setara 36,4 persen dari total penjualan bulanan.

Di posisi berikutnya ada Gran Max Mini Bus sebanyak 2.408 unit (19,7 persen). Segmen LCGC juga memberi andil penting melalui Daihatsu Sigra yang terjual 2.348 unit (19,3 persen) dan Ayla sebanyak 764 unit (6,3 persen).

Baca Juga: Uji Mobil di Gunung Tianmen Tiongkok Berakhir Gagal, Chery Indonesia Klarifikasi

Sri Agung Handayani, Marketing & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, menyebut capaian ini tidak lepas dari kepercayaan konsumen di seluruh Indonesia.

“Lebih dari 80 persen penjualan Daihatsu di Oktober 2025 berasal dari commercial low dan LCGC. Khusus segmen commercial low menyumbang sekitar 56 persen karena menjadi mitra usaha bagi pelaku UMKM dan perusahaan,” ujarnya.

Pada pasar otomotif nasional periode YTD (Year To Date) Oktober 2025, Daihatsu kembali mencatat dominasi kuat di segmen commercial low dengan market share mencapai 65,5 persen. Angka ini naik 2,4 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang berada di 63,1 persen.

Baca Juga: Indomobil JAC Perkenalkan Truk Listrik MetroMover N35 Berpendingin di SIAL Interfood 2025

Gran Max Pick Up dengan total 34.340 unit, menguasai 58,6 persen pasar pick up low, meningkat 1,5 persen dari tahun lalu.

Gran Max Mini Bus sebanyak 14.098 unit, mendominasi segmen semi commercial dengan penguasaan 91,8 persen, naik 0,9 persen dari tahun 2024.

Secara nasional, Daihatsu mencatat market share 17 persen dari total pasar otomotif sekitar 660 ribu unit, dengan total penjualan 112.530 unit sepanjang 2025.

Tags:
penjualan ritelDaihatsu

Erwan Hartawan

Reporter

Fani Ferdiansyah

Editor