JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Honda kembali membuat gebrakan di dunia otomotif global. Pabrikan asal Jepang itu memperkenalkan V3R 900 E-Compressor Prototype dalam ajang EICMA 2025 di Milan, Italia.
Model ini menjadi bukti langkah serius Honda dalam memadukan performa mesin konvensional dengan teknologi supercharger elektronik yang sepenuhnya dikontrol secara digital.
Mengutip dari laman resmi Honda Global, motor konsep ini menggunakan mesin V3 berpendingin cair berkapasitas 900 cc dengan sudut 75 derajat.
Yang menarik, Honda menyebut sistem electronically-controlled compressor ini sebagai yang pertama di dunia yang dikembangkan khusus untuk sepeda motor produksi.
Baca Juga: BAIC Indonesia Targetkan Buka 22 Dealer Hingga 2026
Perangkat supercharger tersebut berfungsi menyalurkan tenaga tambahan dengan cara yang lebih presisi dan halus, menyesuaikan kondisi jalan dan gaya berkendara penggunanya
Meski hanya berkapasitas 900 cc, mesin V3R 900 diklaim mampu menghasilkan tenaga setara motor 1.200 cc.
Selain meningkatkan performa, teknologi kompresor ini juga berperan dalam efisiensi pembakaran dan pengurangan emisi gas buang, mencerminkan komitmen Honda untuk menghadirkan mesin bertenaga namun ramah lingkungan.
Konsep pengembangan V3R 900 berangkat dari filosofi “Non-Rail Roller Coaster”, yang menggambarkan keseimbangan antara adrenalin dan kendali penuh di setiap lintasan.
Honda ingin menciptakan pengalaman berkendara yang ekstrem, seperti menaiki roller coaster, namun tetap stabil dan aman dalam pengendalian.
Desain Futuristik dan Identitas Baru
Secara visual, V3R 900 tampil agresif dan futuristik. Fairing sampingnya dibuat asimetris, bukan sekadar estetika, tetapi juga meningkatkan fungsi aerodinamika.
Di bagian tangki bahan bakar, terdapat emblem baru “Honda Flagship WING”, simbol identitas baru bagi jajaran model premium Honda di masa mendatang.
Baca Juga: Inden Mobil Listrik JAECOO J5 EV Berpotensi Lama, Chery Minta Konsumen Bersabar
Honda belum memberikan rincian soal daya, torsi, maupun bobot total motor konsep ini. Namun, pabrikan memastikan proyek pengembangan menuju tahap produksi massal terus berlanjut.
Kendati begitu, belum ada konfirmasi kapan versi produksinya akan diperkenalkan ke publik.
Kehadiran V3R 900 E-Compressor Prototype menjadi sinyal bahwa Honda tak sepenuhnya beralih ke kendaraan listrik dalam waktu dekat.
Melalui inovasi ini, Honda menegaskan bahwa mesin pembakaran internal masih memiliki ruang untuk berkembang, dengan efisiensi, inovasi, dan sensasi berkendara khas Honda yang tetap dipertahankan.