JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tren penjualan mobil Mazda di Indonesia sepanjang 2025 menunjukkan pergeseran menarik, baik dari sisi model yang digemari maupun karakteristik konsumennya. Sejumlah model seperti Mazda CX-3, CX-5, dan Mazda 3 Hatchback tercatat sebagai unit yang paling banyak diminati.
Hal tersebut disampaikan oleh Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Viya Arsawireja, saat memberikan keterangan terkait perkembangan pasar Mazda di Tanah Air.
“Model yang paling digemari saat ini adalah Mazda CX-3, CX-5, dan Mazda 3 Hatchback. Bahkan, CX-60 juga mulai menjadi favorit baru di kalangan konsumen,” ujarnya di Jakarta, Senin, 6 Oktober 2025.
Mazda yang selama ini dikenal sebagai merek otomotif dengan desain dan performa khas, kini mulai dilirik oleh kelompok usia yang lebih muda. Menurut Viya, saat ini demografi pembeli Mazda makin beragam.
Baca Juga: Pasar Otomotif Masih Lesu, Mazda Kembali Pangkas Target Penjualan 2025
“Dulu dominan di usia 30–40 tahun, tapi sekarang mulai digandrungi juga oleh kalangan muda. Pengguna Mazda kini sangat bervariasi. Kami pun telah menyediakan line-up produk yang lengkap untuk menjawab kebutuhan tersebut,” tambahnya.
Sementara itu, Chief Operating Officer PT EMI, Ricky Thio, menyebut Mazda CX-3 tetap menjadi salah satu andalan di pasar. Meskipun model ini sudah cukup lama hadir, desainnya yang disebut "timeless" menjadi alasan utama mengapa mobil ini terus diminati.
“CX-3 itu sebenarnya model yang sudah cukup lama ya. Tapi desainnya itu sangat timeless. Orang suka karena modelnya bagus dan tetap relevan. Harganya pun di kisaran Rp399 juta, cukup menarik,” kata Ricky.
Mazda juga telah melakukan penyegaran pada model ini untuk menjaga daya tariknya. “Sekarang ada penyegaran di bagian depan, minor change yang membuat tampilannya lebih segar,” tambahnya.
Meski memiliki beragam model yang ditawarkan, nyata penjualan Mazda tetap terpengaruh oleh daya beli masyarakat yang melemah.
Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Mazda tercatat hanya 1.994 unit sepanjang Januari hingga Agustus 2025. Angka ini menurun drastis sekitar 34,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 3.046 unit.
Sementara dari sisi penjualan ritel atau unit yang benar-benar sampai ke tangan konsumen, Mazda mencatatkan 2.091 unit. Jumlah ini juga turun 30,7 persen dibandingkan periode Januari–Agustus 2024 yang mencapai 3.017 unit.