Lengkap! Ini Kunci Jawaban Resmi Bahasa Inggris Kelas 6 Worksheet 1.6 Chapter 1 Halaman 22-23 Kurikulum Merdeka

Rabu 16 Jul 2025, 16:27 WIB
Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Chapter 1: Healthy Vegetables Worksheet 1.6 (Sumber: Pinterest)

Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Chapter 1: Healthy Vegetables Worksheet 1.6 (Sumber: Pinterest)

POSKOTA.CO.ID - Dalam kurikulum terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tahun 2024, pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Kelas 6 SD difokuskan pada kemampuan komunikatif yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Salah satu materinya adalah mengenal beragam jenis sayuran serta cara mendeskripsikannya dalam Bahasa Inggris.

Buku referensi utama adalah English for Nusantara Kids karangan Ika Lestari Damayanti dkk. Buku ini dirancang dengan pendekatan tematik yang menyenangkan agar anak dapat belajar secara aktif dan kontekstual.

Baca Juga: Pengamat Sebut Dugaan Legislator Main Beras Oplosan Harus Diusut

Sekilas tentang Chapter 1: Healthy Vegetables

Chapter pertama buku ini mengangkat tema "Healthy Vegetables" atau "Sayuran Sehat". Tujuan utama dari bab ini adalah membantu siswa:

  • Mengenali nama-nama sayuran dalam Bahasa Inggris.
  • Menyusun kalimat deskriptif sederhana tentang makanan yang disukai atau tidak disukai.
  • Menggunakan ekspresi too dan either dengan tepat untuk menunjukkan kesamaan atau ketidaksamaan preferensi.

Fokus Pembelajaran di Worksheet 1.6

Worksheet 1.6 halaman 22–23 mengajak siswa untuk look and write, yaitu melihat gambar dan menuliskan kalimat yang menggambarkan kesukaan terhadap sayuran. Dalam lembar kerja ini, siswa harus:

  • Menggunakan kata too untuk menyatakan kesamaan positif.
  • Menggunakan either untuk menyatakan kesamaan dalam bentuk negatif.

Kunci Jawaban Worksheet 1.6 Chapter 1 (Halaman 22–23)

Berikut ini adalah kunci jawaban lengkap yang dapat digunakan sebagai acuan belajar di rumah:

  1. She likes corn. → He likes corn, too.
  2. They don’t like chilies. → He doesn’t like chilies, either.
  3. They like pumpkins. → He likes pumpkins, too.
  4. They don’t like cabbage. → She doesn’t like cabbage, either.
  5. What vegetable do you like? → I like lettuce.
  6. Do you like bitter melons? → No, I don’t.

Terjemahan Bahasa Indonesia

Untuk memudahkan pemahaman siswa, berikut terjemahan jawaban di atas:

  1. Dia suka jagung. → Dia juga suka jagung.
  2. Mereka tidak suka cabai. → Dia juga tidak suka cabai.
  3. Mereka suka labu. → Dia juga suka labu.
  4. Mereka tidak suka kubis. → Dia juga tidak suka kubis.
  5. Sayuran apa yang kamu suka? → Aku suka selada.
  6. Kamu suka pare? → Tidak.

Perspektif Unik: Belajar Bahasa Inggris Lewat Makanan Sehari-hari

Belajar kosakata Bahasa Inggris melalui makanan, seperti sayuran, memberikan pendekatan yang lebih dekat dengan dunia anak-anak. Mereka lebih mudah mengingat kosakata yang mereka temui sehari-hari di rumah atau di pasar, seperti carrot, cabbage, pumpkin, dan lettuce.

Sebagai orang dewasa, kita dapat melihat bahwa metode ini membentuk kebiasaan berpikir dalam dua bahasa—yang sangat penting di era global seperti sekarang. Anak-anak tidak hanya belajar tata bahasa, tetapi juga cara menyampaikan opini, suka atau tidak suka, dengan struktur yang benar.

Manfaat Belajar dengan Pendekatan Kontekstual

Pendekatan seperti ini memberikan banyak manfaat:

  • Pemahaman Lebih Baik: Anak lebih cepat memahami karena materi dikaitkan dengan hal nyata.
  • Latihan Interaktif: Menggunakan gambar sebagai stimulus membantu anak lebih aktif menyusun kalimat.
  • Penguatan Grammar Praktis: Konsep too dan either yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa langsung dipraktikkan.

Tips Belajar Mandiri di Rumah


Berita Terkait


News Update