JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mengingat teknologi yang semakin hari semakin canggih, tidak heran bahwa ada banyak perubahan di dunia kerja saat ini. Banyak perusahaan yang mulai beroperasi secara digital, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Inilah salah satu alasan mengapa virtual office di Jakarta makin diminati masyarakat.
Alasannya sederhana, yaitu karena kantor virtual menawarkan efisiensi dan kemudahan. Para karyawan bisa bekerja secara remote dan hybrid. Perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk maintenance gedung, bayar air dan listrik, dan lain-lain.
Menariknya, hasil studi IWG menyatakan bahwa 75 persen bisnis yang menerapkan sistem kerja seperti ini punya outlook yang lebih positif di tahun 2025.[1] Jadi, apakah Anda sudah siap untuk berkenalan lebih dekat dengan sistem virtual office dan alasan mengapa bisnis modern membutuhkannya?
Baca Juga: Lengkap! Cara Lapor Diri PPG Guru Tertentu 2025 Tahap 2 di LPTK dan Dokumen yang Harus Diunggah
Mengenal Lebih Dekat Sistem Kantor Virtual
Hal pertama yang harus Anda kenali adalah soal definisi dan bagaimana cara kerja dari virtual office. Secara garis besar, kantor virtual adalah kegiatan bisnis yang dilakukan melalui berbagai platform digital. Jadi, mereka berkomunikasi dengan cara virtual.[2]
Cara kerja seperti ini sangat cocok untuk bisnis masa kini. Terutama semenjak adanya pandemi Covid-19, ketika banyak perusahaan mulai menerapkan sistem kerja remote dan hybrid. Peran kantor tradisional pun kini sudah tidak sebesar dulu lagi.
Lalu, apakah virtual office legal secara hukum? Jawabannya jelas iya. Memiliki kantor virtual itu legal dan diperbolehkan menurut hukum di Indonesia. Asalkan perusahaan Anda memiliki alamat kantor, bisnis tetap bisa berjalan seperti biasanya.
Karena membutuhkan alamat kantor, banyak pemilik bisnis memutuskan untuk menyewa virtual office di Jakarta. Konsepnya sederhana, Anda menyewa ruangan untuk dijadikan alamat kantor resmi. Namun, mayoritas kegiatan bisnis dilakukan secara virtual, bukan di kantor fisik.
Baca Juga: UKPPPG Dibuka! Catat Tanggalnya, Ini Persyaratan, dan Alur Pendaftaran PPG 2025
Salah satu penyedia layanan virtual office profesional dan terpercaya adalah GoWork. Ketika membeli layanan virtual office, Anda juga akan mendapatkan dokumen legal seperti surat domisili bangunan dan salinan IMB. Selain itu, juga menawarkan layanan legal tambahan bagi yang membutuhkan.
Keunggulan Menggunakan Kantor Virtual
Berdasarkan penjelasan di atas, Anda pasti sudah punya gambaran tentang kelebihan virtual office dibandingkan dengan kantor tradisional. Beberapa kelebihannya yaitu:
● Cara kerja yang lebih fleksibel untuk karyawan, bisa remote dan bisa hybrid.
● Menghemat biaya operational cost daripada kantor konvensional.
● Tidak perlu membayar biaya maintenance gedung, tagihan air, tagihan listrik, tagihan Internet, dan lain-lain.
Bisnis yang Cocok Menggunakan Kantor Virtual
Baca Juga: Kumpulan 20 Contoh Soal UKPPPG PJOK Tahun 2025 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Lalu, jenis usaha apa yang cocok untuk menggunakan virtual office? Kantor ini cocok untuk semua pekerjaan yang bisa dilakukan secara online dan perusahaan yang baru merintis. Contohnya seperti:
● Startup (perusahaan rintisan)
● Konsultan
● UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya
● Usaha yang bergerak di bidang desain grafis
● Bantuan hukum dan pengacara
Kenapa Harus Memilih Kantor Virtual di GoWork
Seperti pernyataan di atas, GoWork adalah salah satu penyedia layanan virtual office di Jakarta yang profesional dan terpercaya. Selain karena telah memenuhi persyaratan legalitas, ada beberapa alasan lain yang bisa dipertimbangkan. Alasan tersebut adalah:
1. Menawarkan Layanan dan Fasilitas Lengkap
Ketika membeli layanan virtual office virtual di GoWork, Anda tidak hanya sekadar mendapatkan alamat bisnis saja. Anda juga secara otomatis akan mendapatkan layanan resepsionis untuk handling telepon, surat, dan dokumen atas nama perusahaan.
Baca Juga: Kumpulan 20 Contoh Soal UKPPPG PJOK Tahun 2025 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Selain itu, ada fasilitas GoWork Credits yang bisa Anda gunakan untuk memesan coworking space atau meeting room di semua lokasi. Sangat pas untuk kebutuhan bisnis di era modern ini.
2. Cocok untuk PT PMA
Selain untuk perusahaan startup, UMKM, dan bisnis sejenisnya, virtual office GoWork juga cocok untuk PT PMA (Penanaman Modal Asing). Hal ini karena ada tambahan layanan business service, yang mencakup solusi pengurusan administrasi bisnis seperti visa, izin kerja, pendirian usaha, dan lain sebagainya.
3. Punya Lokasi Bisnis yang Strategis dan Premium
Terakhir, GoWork juga memiliki lokasi yang sangat strategis dan premium, sehingga meningkatkan citra bisnis Anda. Untuk Jakarta, pilihannya sangat prestisius, seperti:
● Pacific Place
● Chubb Square Thamrin
● Millennium Centennial Center
● Arkadia Office Tower
● Central Park
● Menara Rajawali
● Plaza Indonesia
● Senayan City
Selain itu, ada lebih dari 20 lokasi lainnya. Tidak hanya di Jakarta saja, namun juga beberapa lokasi virtual office di Surabaya, Bali, dan Medan.
Baca Juga: Apa Artinya Ungkapan 'My Girl Boss'? Viral Netizen Soroti Kedekatan Fuji dan Verrell Bramasta
Jadi, bagi Anda yang membutuhkan virtual office di Jakarta untuk kebutuhan bisnis, jangan ragu memilih GoWork sebagai solusi. Terutama bagi Anda yang ingin memiliki kantor virtual di lokasi strategis di ibu kota serta memiliki layanan lengkap dengan harga sewa yang terjangkau.
1. IWG PLC. Businesses operating in the hybrid model are significantly more optimistic about growth in 2025, new CEO study reveals. https://work.iwgplc.com/MediaCentre/PressRelease/business-optimism-and-growth-ceo-study
2. Cambridge Dictionary. Virtual Office. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/virtual-office#google_vignette
Referensi: