E. Mendorong siswa untuk saling membantu dalam kelompok campuran
Jawaban: C. Melakukan penilaian diagnostik sederhana untuk mengetahui kemampuan dasar membaca setiap siswa.
2. Setelah asesmen awal, Pak Dani membagi murid ke dalam tiga kelompok berdasarkan kemampuan berhitung. Untuk mendukung pendekatan TaRL secara efektif, strategi pembelajaran yang paling tepat adalah...
A. Memberikan materi kelas sesuai kurikulum kepada semua kelompok
B. Mengajarkan seluruh materi kelas tinggi agar semua siswa bisa mengejar
C. Menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda sesuai level kemampuan masing-masing kelompok
D. Menggabungkan semua kelompok agar pembelajaran menjadi inklusif
E. Membatasi interaksi antarkelompok agar fokus belajar terjaga
Jawaban: C. Menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda sesuai level kemampuan masing-masing kelompok.
3. Salah satu keunggulan pendekatan Teaching at the Right Level adalah fleksibilitasnya. Pernyataan manakah yang paling mencerminkan prinsip fleksibilitas ini?
A. Guru mengganti materi pelajaran dengan permainan saja
B. Guru secara rutin menyesuaikan kelompok belajar berdasarkan kemajuan belajar siswa